Penyebab, Gejala dan Cara Penularan Penyakit TBC

Penyakit TBC atau tubercolosis adalah salah satu penyakit yang menjadi masalah utama kesehatan mayarakat. Penyakit yang disebabkan oleh agen Mycrobacterium tubercolosis ini adalah salah satu penyakit berbasis lingkungan yang masih banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. penyakit TBC ini ternyata bukan hanya menyerang paru – paru saja tetapi dapat juga menyerang organ tubuh lainnya seperti gijal, tulang dan otak. Penyakit ini juga termasuk penyakit menular. Untuk lebih memperjelas tentang apa itu penyakit TBC, apa penyebabnya dan bagaimana mekanisme penularannya silahkan anda simak penjelasan berikut ini

  1. Pengertian penyakit TBC
    TBC atau sering dikenal juga dengan sebutan tubercolosis adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycrobacterium tubercolosis. Bakteri ini adalah bakteri yang sangat kuat dan dapat bertahan lama dilingkungan. Jadi butuh waktu dan proses yang lama untuk mengobatinya. Meskipun bakteri ini dapat menyerang beberpa organ tubuh manusia namun, organ tubuh yang paling sering terinfeksi adalah paru – paru mengingat bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang masuk melalui pernafasan.
  2. Penyebab TBC
    Seperti yang telah dijelaskan diatas TBC atau tubercolosis disebabkan oleh agen yang bernama Microbacterium tubercolosis. Agen ini pertama kali ditemukan pada tahun 1882 oleh Robert Koch. Microbacterium tubercolosis adalah bakteri yang berbentuk batang dan juga tahan terhadap asam. Sebenarnya kuman ini dalam beberapa detik akan segera mati jika terkena sinar matahari langsung. Tetapi sebaliknya jika kuman ini berada di lingkungan yang cocok untuk kehidupannya yaitu suasana lingkungan yang gelap dan lembab, maka kuman ini akan dapat bertahan hingga berjam – jam, dan yang lebih parah lagi kuman ini dapat terus ada dilingkungan hingga bertahun – tahun dalam keadaan dormant atau dalam kondisi tidur.
  3. Gejala awal penyakit TBC
    Gejala awal yang biasanya timbul pada penderita TBC adalah batuk terus menerus lebih dari seratus hari, dahak bercampur dengan darah, sesak nafas, lemas dan akan mengeluarkan banyak keringat meskipun tidak melakukan aktifitas. Tetapi gejala diatas biaanya juga ditemukan pada penderita penyakit infeksi pernafasan lainnya, oleh karena itu, jika anda mengalami gejala – gejala diatas sebaiknya segera periksakanlah diri anda ke dokter.
  4. Cara penularan penyakit TBC
    TBC adalah salah satu penyakit menular yang membahayakan. Siklus penularan dimulai dari penderita TBC positif yang mengeluarkan droplet ketika batuk maupun saat bersin, droplet yang mengandung kuman Microbacterium tubercolosis akan tertahan di udara dan dapat bertahan lama jika kondisi lingkungan cocok. Jiika kuman tersebut terhirup oleh orang lain maka orang tersebut juga akan terinfeksi TBC. Kuman TBC akan cepat berkembang biak pada tubuh seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, dan akan menyebar melalui pembuluh darah dan juga kelenjar getah bening dan menginfeksi organ  dalam tubuh manusia, seperti otak, ginjal, paru – paru, dan tulang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, penyebab, gejala dan cara penularan dari penyakit TBC, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: