Penyebab Dan Cara Mengobati Diare Pada Anak

Mengobati anak yang diare memang harus dilakukan dengan serius agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Diare memang salah satu penyakit yang sering diderita oleh bayi. Banyak hal yang dapat dijadikan penyebab diare pada anak, dan sebagian besar diare yang diderita anak disebabkan karena infeksi saluran pencernaan bayi, tetapi ternyata ada hal lain yang juga dapat menyebabkan diare pada anak. Untuk lebih jelasnya kami akan paparkan penyebab dari diare anak :

  1. Karena infeksi dari bakteri. Bakteri yang dapat meyebabkan diare diantaranya adalah Eschericia coli dan Salmonella. Biasanya gejala yang akan ditimbulkan adalah diare yang disertai dengan muntah, demam dan ditemukan adanya darah pada kotoran yang dikeluarkan.
  2. Infeksi yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjadi penyebabnya adalah golongan rotavirus.
  3. Diare yang disebabkan karena pemanis buatan. Pemanis buatan yang sering digunakan sebagai bahan tambahan makanan seperti sorbitol dapat menyebabkan diare pada anak.
  4. Alergi pada makanan yang dikonsumi. alergi pada makanan memang kerap terjadi pada anak , alergen dapat berasal dari susu, telur, ikan atau gandum yang dapat menyebabkan reaksi pada pencernaan anak dan menyebabkan diare.

Setelah kita mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan diare pada anak sebaiknya kita juga harus mengetahui cara mengobati anak yang terkena diare. Perawatan sangat penting untuk dilakukan memang bagi orang dewasa diare bukan merupakan salah satu penyakit yang menghawatirkan tetapi hal ini tidak berlaku untuk anak. Diare adalah penyakit yang cukup serius bagi anak, karena diare adalah salah satu penyumbang kematian terbesar anak diseluruh dunia. Penanganan harus segera dilakukan untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi, keseimbangan elektrolit dan gangguan gizi yang biaanya diderita oleh anak.

Untuk membantu anda mengobati anak yang terkena diare kami ada beberapa tips yang dapat anda lakukan :

  1. Berikan ASI kepada anak jika anak masih minum ASI  hal ini bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah terjadinya dehidrasi pada anak.
  2. Jika anak sudah tidak menyusu berikan oralit. Yang perlu anda perhatikan benar dalam pemberian oralit adalah dengan cara memberikan oralit sedikit demi sedikit dan setelah sampai beberapa teguk berhenti sejenak kemudian lanjutkan lagi hingga oralit habis.
  3. Segera hubungi dokter apabila anak mengalami diare lebih dari 12 jam dan suhu badan anak lebih dari 390C atau terdapat darah pada kotorannya.

Demikianlah penjelasan dari penyebab dan juga cara mengobati diare pada Anak. Semoga bermanfaat untuk anda dalam menangani anak yang sedang diare.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: