Penyakit Berbahaya Yang Dapat Menyerang Otak

Penyakit berbahaya yang menyerang otak memang harus kita waspadai dan kita kenali sedini mungkin, mengingat otak merupakan sitem saraf pusat tubuh kita yang mengatur seluruh kegiatan tubuh manusia. Otak dibagi menjadi tiga bagian yaitu otak besar atau serebrum, batang otak atau trunkus serebri dan serebellum atau otak kecil, yang setiap bagiannya memiliki fungsi – fungsi tertentu dan tersusun dari beruta – juta sel saraf yang saling berhubungan satu sama lain yang bertugas mengatur kerja otak dan juga berhubungan dengan sel araf tubuh lainnya. Oleh karena itu, otak menjadi alah satu organ yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya agar tidak mengganggu sitem kerjanya. Tetapi karena pola hidup yang tidak sehat dan juga pencemaran yang terjadi hampir pada seluruh lapisan bumi, mengakibatkan banyaknya penyakit yang dapat menyerang organ tubuh manusia termasuk otak. Untuk memperjelas sebenarnya penyakit berbahaya apa sajakah yang dapat menyerang otak, anda dapat menyimak penjelasan berikut ini.

  1. Ataxia
    Ataxia adalah sebuah penyakit yang dapat meyerang bagian otak kecil yang dapat menyebabkan gangguan pada saraf motorik tubuh.banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab dari ataxia adalah virus, namun sebenarnya penyakit yang satu ini disebabkan oleh faktor keturunan atau juga dapat disebabkan karena mutasi gen. Penyakit ini akan menyebabkan penderitanya perlahan – lahan akan kehilangan kendali dan lambat laun kondsi tubuhnya akan semakin melemah dan semakin parah. ciri – ciri penderita ataxia adalah sering terjatuh tanpa sebab, tidak dapat menjaga keseimbangan tubuhnya dan menglami kelumpuhan. Penyakit ini adalah salah satu penyakit berbahaya dan sampai saat ini belum ada obatnya.
  2. Alzheimer
    Alzheimer adalah penyakit berbahay kedua yang dapat menyerang otak manusia. Alzheimer adalah suatu penyakit yang dimana sel saraf di dalam otak mengalami kematian, sehingga sinyal otak tidak disampaikan dengan baik. Seorang penderita Alzheimer biasanya memiliki masalah dengan ingatan sehingga penderita akan sulit untuk mengambil bagian dalam kehidupan sehari – hari. yang menyebabkan penyakit ini menjadi tambah parah dan berbahaya adalah belum dapat ditemukan secara pasti apa penyebab dari penyakit ini.
  3. Skizofrenia
    Adalah sebuah penyakit yang diakibatkan karena ketidakseimbangan dari salah satu sel kimia dalam otak yang disebut dopamin. Penderita penyakit ini biasanya mengalami kesulitan dalam membedakan antara realitas dan khayalan. Gejala yang dapat ditimbulkan seperti liar, delusi, kurang motivasi dan halusinasi.
  4. Epilepsi
    Epilepsi adalah penyakit yang disebabkan dengan adanya serangan pada neuron motorik dan neuron sensorik yang terjadi dengan berulang – ulang. Sehingga otot rangkan dapat berkontraksi secara berulang – ulang tanpa disadari dan terkadang sinyal – sinyal saraf tidak berjalan seperti semestinya. Gejala awal yang dapat terjadi adalah kejang – kejang yang timbul secara tiba – tiba.
  5. Parkinson
    Penyakit parkinson termasuk juga salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerag otak. Penyakit ini adalah salah satu penyakit degeneratif syaraf. Penyebab dari penyakit parkinson adalah virus, obat – obatan atau dapat juga disebabkan karena kemunduran dari ganglia basalis sehingga pembentukan dari dopamin berkurang. Gejala yang dapat diberikan dari penyakit ini adalah  tremor pada tangan, kesulitan bergerak, sulit untuk mengekspresikan wajah.

Nah demikianlah 5 penyakit berbahaya dan langka yang dapat menyerang otak. Semoga informasi diatas dapat membantu meningkatkan keperdulian anda terhadap kesehatan.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!