Olahraga Yang Baik Bagi Wanita Hamil

Olahraga adalah hal yang penting dilakukan oleh semua orang termasuk wanita hamil.  Selama seorang wanita mengalami proses kehamilan, organ tubuh bekerja dua kali lebih berat karena harus menopang janin yang ada di dalam kandungan hal ini lah yang dapat menyebabkan seorang wanita hamil lebih sering merasa pusing, lelah dan merasa tidak enak badan atau merasa pegal–pegal di seluruh anggota badan, istrirahat dan tidak melakukan aktifitas berat adalah hal yang sering dilakukan untuk mengatasi keluhan tersebut. Tetapi hal tersebut tidak berarti bahwa seorang wanita hamil haruslah berdiam diri dan tidak melakukan aktifitas apapun termasuk berolahraga.

Olahraga pada saat hamil penting dilakukan utuk tetap menjaga kesegaran dan kebugaran seorang wanita hamil dan sekaligus dapat membantu perkembangan janin yang berada di dalam kandungannya. Olahraga akan ikut membantu menguatkan otot–otot tubuh sehingga akan mempermudah pada saat proses persalinan.  Selain itu, olahraga pada saat hamil juga dapat membantu memperbaiki mood yang buruk dan strees yang diakibat dari kehamilan. Tetapi olahraga yang dimaksudkan disini berbeda dengan olahraga–olahraga yang sering kita lakukan pada saat tidak hamil, tentunya olahraga disini adalah olahraga ringan sehingga dengan melakukannya tidak akan mengganggu kehamilan.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh wanita hamil:

  1. Yoga
    Olahraga yang satu ini memang sangat cocok untuk wanita–wanita hamil. Dengan melakukan latihan yoga dapat membantu melatih relaksasi dan pernafasan yang sangat penting pada saat persalinan nanti. Latihan relaksasi yang dilakukan dalam latihan yoga juga dapat membantu membuat perasaan tenang bagi wanita hamil.
  2. Berenang
    Berenang selama 30 menit sehari adalah pilihan tepat untuk wanita hamil.Dengan berenang disaat hamil akan sangat bermanfaat karena dengan berenang, maka akan melatih otot–otot kaki dan juga tangan serta dapat menjaga keseimbangan berat badan dimasa kehamilan. Gaya yang cocok adalah gaya dada.
  3. Senam hamil
    Senam hamil dapat membantu menjaga kesegaran dan kebugaran wanita semasa hamil selain itu dengan senam juga dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot–otot tubuh yang sangat bermanfaat untuk proses persalinan.
  4. Jalan kaki
    Dengan melakukan jalan kaki rutin selama 30 menit sehari di pagi hari dapat memantu menjaga kesehatan dan kebugaran semasa hamil.

Demikian adalah beberapa jenis olahraga yang khusus wanita hamil yang aman untuk dilakukan, tetapi sebelum melakukan kegiatan diatas sebaiknya konsultasikan kepada dokter anda agar aktifitas tersebut tidak membahayakan kehamilan anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: