Menumbuhkan Kebiasaan Baik Pada Anak

Pernah melihat anak kecil buang sampah pada tempatnya atau mencium tangan teman orang tuanya yang baru ia kenal? Wah, pasti gemes ya lihat anak yang punya kebiasaan baik seperti ini. Kebiasaan baik biasanya berawal dari rumah. Anak kecil adalah seorang peniru ulung, Apapun yang dilakukan orang dewasa di rumah akan ia tiru. Misalnya, seorang anak kecil yang sering melihat orang tuanya membaca, entah itu membaca buku atau membaca koran, maka anak itu akan meniru orang tuanya, menjadi seorang yang suka membaca. Ada banyak kebiasaan baik yang dapat diperkenalkan dan ditanamkan pada anak sejak dini. Berikut gambaran secara rincinya.

Berdoa Sebelum Memulai Sesuatu

Sebelum memulai sesuatu, ajarkan anak untuk berdoa terlebih dahulu. Hal ini akan membantu anak mengenal tuhannya. Berikut tips mengajarkan berdoa pada anak.

  • Memberikan contoh pada anak. Saat Anda akan mengajarkan cara berdoa pada anak, sebaiknya Anda pun memberikan contoh seperti apa berdoa itu.
  • Hindari sikap memaksa atau menakut-nakuti anak. Saat Anda mengajari anak berdoa, jangan sekali pun Andamemaksa dan  menakutinya, misalnya dengan mengancam kalau tidak berdoa akan ada monster. Hal ini hanya akan membuat anak akan berpikir bahwa berdoa adalah subuah beban, bukan kebutuhan. Ajarkan anak dengan penuh kesabaran dan berikan anak pengertian bahwa kita butuh berdoa.
  • Agar berdoa menjadi menyenangkan, biarkan anak yang memimpin doa dengan kata-katanya sendiri. Dengan begitu ia akan tahu apa yang ia minta. Namun, untuk usia dini, bimbing anak untuk berdoa dengan kata-kata sendiri. Minta anak untuk mengulangi kata demi kata dari doa tersebut. Gunakan bahasa anak-anak, misalnya “tuhan, terima kasih sudah atas rezeki makanan yang Kau berikan. Semoga makanan ini bisa membuat tubuhku sehat dan kuat. Aamiin..”

Kebiasaan Baik – Membaca

Jika Anda ingin anak Anda suka membaca, maka mulailah dari diri Anda sebagai orang tuanya. Sering-seringlah membaca di depan anak. Anda dapat membaca buku, koran, majalah, novel, dan lain-lain. Ketika anak sering melihat orang tuanya membaca, maka tanpa disadari otak akan mengirim informasi bahwa membaca itu baik untuknya. Ajak juga anak membaca buku-buku yang bergambar. Ceritakan cerita anak tentang kesukaan tokohnya akan membaca. Ajak juga anak ke pameran buku atau toko buku. Dengan begitu akan tertanam sejak dini kecintaannya pada buku.

Kebiasaan Baik – Hidup Bersih dan Rapi

Kebiasaaan hidup bersih dan rapi merupakan aset yang berharga. Jika sejak dini anak diajarkan untuk hidup bersih dan rapi, hal ini akan tertanam hingga dewasa. Ujung-ujungnya ia juga akan menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan hati, dan kebersihan jiwa. Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk mengajari anak hidup bersih dan rapi.

  • Membersihkan diri sendiri, seperti menggosok gigi, cuci tangan sebelum makan, mandi sehari dua kali, memotong kuku dan rambut jika sudah panjang dan tidak rapi, membersihkan tangan dan kaki setelah pergi-pergian, atau sebelum tidur, dan lain-lain.
  • Membersihkan Lingkungan, seperti merapikan tempat tidur, membuang sampah pada tempatnya, membereskan mainan, dan lain-lain.

Nah, itulah berapa cara menanamkan kebiasaan baik pada anak. Apapun kebiasaan baiknya, yang terpenting adalah orang tua memberikan contoh dan teladan. Sosok yang selalu dilihat anak adalah orang tua. Jadilah teladan yang baik bagi anak Anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: