Menu Makanan Khusus Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi

Susu sapi memang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Tetapi tidak untuk sebagian anak yang memiliki alergi protein susu sapi atau sering disebut juga cow’s milk protein allergy. Apabila seorang anak yang memiliki riwayat cow’s milk protein allergy atau alergy protein susu sapi, si anak tersebut dapat mengalami berbagai macam reaksi alergi seperti kulit yang berubah menjadi kemerahan, diare dan muntah – muntah setelah mengkonsumsi susu sapi atau makanan yang mengandung protein susu sapi seperti keju. Umumya alergi tersebut disebabkan karena sensitifitas bayi terhadap protein susu sapi yang disebut casein. Biasanya alergi protein susu sapi ini dialami oleh anak hingga berusia dua tahun.

Jika anak anda termasuk penderita alergi maka hentikanlah pemberian makanan yang mengandung protein sapi secara bertahap hingga si anak berusia satu tahun setelah itu coba berikan lagi susu sapi dan jika masih menimbulkan gejala alergi maka hentikan, lakukan percobaan ini secara bertahap hingga alergi si kecil sembuh. Ternyata selain alergi yang disebabkan oleh protein pada susu sapi atau casein ada penyebab lain yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian anak jika mengkonsumsi susu sapi yaitu alergi lactosa atau gula susu yang terkandung di dalamnya. Fungsi dari enzim lactase adalah untuk menguraikan lactosa yang terkandung dalam makanan seperti halnya di dalam susu. Jika seorang anak kekurangan enzim ini, maka laktosa yang berada di dalam saluran pencernaan tidak dapat dicerna dan akan berubah menjadi makanan untuk bakteri sehingga dapat menimbulkan diare pada anak.

Oleh karena itu, anda harus benar – benar memperhatikan asupan makanan dari anak anda yang menderita alergi susu sapi. Untuk itu kami ada beberapa tips menu makanan untuk anda yang memiliki anak yang alergi terhadap susu sapi:

  1. Jika anak anda berusia 10 bulan maka buatlah makanan yang terdiri dari beras, sumber protein nabati seperi tahu dan tempe, serta sayuran yaitu kangkung, wortel, bayam atau labu yang dibuat menjadi nasi tim kasar dan diberikan sehari sebanyak tiga kali.
  2. Berikanlah juga buah buahan seperti apel, pisang, pir dan pepaya
  3. Untuk tetap menjaga kebutuhan gizi anak anda tetap berikan susu tetapi berikan susu yang tidak mengandung casein seperti susu kedelai

Demikianlah tips menu makanan untuk anak anda yang alergi terhadap susu sapi semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: