Mengubah Setting Paste Ms Word Menjadi Plain Text

Mengubah setting paste Ms Word menjadi berbentuk plain text atau teks tanpa format tertentu sesuai format asal seringkali kita butuhkan. Terutama jika kita sedang mengumpulkan sebuah informasi yang menggunakan sumber data yang berbeda-beda. Misalnya saat kita sedang mencari informasi dari internet dan menemukan beragam informasi dari beberapa sumber yang berbeda. Setiap sumber tersebut berupa halaman web dengan format yang berbeda-beda.

Sehingga jika kita menggunakan kombinasi tombol pada keyboard dengan menekan Ctrl+C dan Ctrl+V ke dalam sebuah dokumen Ms Word, maka format sebelumnya dari masing-masing halaman web tersebut akan terbawa. Mulai jenis font, ukuran, shadow, warna huruf, dan lain-lain. Padahal dengan kedua shortcut tersebut akan sangat memudahkan kita dan menghemat banyak waktu.
cara mengubah setting paste ms-word
Jika kita mengambil atau meng-copy dari banyak halaman web dan akan merangkumnya dalam sebuah dokumen Ms Word tentu akan sangat merepotkan. Sehingga akan lebih baik jika teks yang kita copy dan paste ke dalam dokumen tersebut berupa teks tanpa format sehingga meskipun sumbernya beragam kita tetap mendapatkan hasil yang sama saat mem-paste. Cara mengubah setting paste Ms Word agar secara default menjadi plain text adalah sebagai berikut.

Cara mengubah setting paste Ms Word

Pada aplikasi Ms Word 2007 Anda bisa membuka menu setting dengan menekan tombol Office di bagian pojok kiri atas kemudian pilih Advance. Sedangkan untuk Ms Word 2010 Anda bisa membukanya melalui File > Options > Advanced. Setelah itu untuk mengubah setting paste Ms Word untuk kedua versi Ms Word tersebut scrol ke bawah hingga ke bagian “Cut, copy, and paste“. Disitu Anda bisa memilih default yang akan dijalankan oleh Ms Word dalam menangani paste dari clipboard.

Dari menu drop down dengan keterangan “Paste between documents” dan “Paste between programs” disampingnya Anda bisa memilih “Keep text only” agar secara default saat Anda menekan shortcut Ctrl+V yang akan dimasukkan ke dalam dokumen adalah berupa plain text atau teks yang belum terformat.

Mengubah setting paste Ms Word untuk image

Dari menu tersebut Anda juga bisa mengatur gambar yang akan dimasukkan ke dalam dokumen dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+V, secara default pengaturannya adalah “In line with text“. Anda bisa menyesuaikan pengaturan lain dari menu “Cut, copy, and paste” ini sesuai kebutuhan Anda, sehingga bisa mempercepat kinerja dan produktifitas Anda dalam menggunakan Ms Word. Demikian cara mengubah setting paste Ms Word menjadi plain text, semoga bisa membantu Anda.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!