Mengetahui Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kecantikan

Manfaat lendir bekicot atau siput untuk kecantikan ternyata jarang diketahui orang, untuk mengetahuinya silahkan  baca terus yah. Pada umumnya sebagian orang pasti merasa geli jika melihat bekicot yang kadang terdapat di belakang rumah. Terlebih dengan lendirnya yang nampak lengket dan memiliki bau amis. Akan tetapi tahukah anda bila lendir bekicot ini ternyata berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan sekarang ini telah banyak salon kecantikan dan spa yang menggunakan hewan bercangkang ini untuk perawatan kulit wajah. manfaat lendir bekicot siput

Siput memiliki nama ilmiah Achatina fulica ini, dulunya dianggap beracun oleh orang-orang, tetapi sekarang justru banyak yang mengonsumsinya untuk mengobati bermacam penyakit dan memelihara kesehatan. Bahkan sampai dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Siput menjadi sangat terkenal di dunia kecantikan setelah sebuah penelitian menemukan, bila pada bekicot banyak senyawa yang bermanfaat untuk kulit dan tubuh, terutama pada lendirnya. Lalu apa saja khasiat yang bisa kita dapatkan dari lendir bekicot? Tetapi sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu senyawa yang terkandung didalam bekicot ini.

Kandungan Senyawa dalam Lendir Siput

  • Lendir siput didalamnya terkandung protein yang bisa membantu meregenerasi sel kulit.
  • Memiliki zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan membantu menjaga kulit dan tubuh dari berbagai macam zat kimia dan racun.
  • Lendir siput didalamnya juga terkandung asam hyaluronic yang mampu melembabkan dan mengenyalkan kulit muka, serta membantu pembentukan sel baru di kulit wajah. Senyawa ini juga bisa mengikat dan menahan kadar air di kulit, sehingga kulit senantiasa lembab dan bertahan lebih lama.
  • Lendir siput didalamnya juga terkandung glycoprotein enzymes, proteoglycans, glycosaminoglycans, copper peptides, serta  antimicrobial peptides.
  • Lendir siput juga mengandung mineral seperti zat besi, tembaga, dan seng, serta beberapa kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh kulit guna meregenerasi sel kulit.
  • Lendir siput didalamnya juga terkandung enzim yang menstimulasi fibronectin protein, kolagen, serta elastin fibers sebagai senyawa yang memiliki peran untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kecantikan

Mengurangi Bekas Jerawat

Manfaat lendir bekicot untuk jerawat adalah sebagai pembersih flek bekas jerawat. Biasanya jerawat yang sudah sembuh sering membekas di kulit dan susah untuk dihilangkan, sehingga dapat merusak penampilan. Lendir bekicot atau siput ini dapat anda coba untuk mengatasi bekas jerawat tersebut, sehingga muka anda dapat lebih cerah, bersih, dan mulus kembali.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lendir bekicot bagi kulit yaitu untuk peremajaan kulit. Kulit ataupun tubuh kita yang sering terpapar debu dan asap akan lebih gampang mengalami penuaan. Bila tidak cepat melakukan perawatan kulit wajah, maka wajah anda akan nampak lebih tua dari umur aslinya. Nah, lendir bekicot ini bisa anda manfaatkan untuk mengatasi persoalan tersebut. Hal ini karena sifat antioksidan dan asam hialuronic yang ada didalam lendir bekicot mampu untuk meremajakan kulit.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen sangat dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga elastisitas serta menjadikan kulit lebih kencang dan cerah. Nah, lendir siput ini didalamnya terkandung enzim yang bisa merangsang terbentuknya kolagen tersebut, dengan demikian kebutuhan kulit terhadap kolagen bisa terpenuhi.

Mengurangi Kadar Minyak

Lendir siput mampu mengurangi minyak yang berlebihan di wajah, serta menjaga kulit terhadap iritasi karena paparan sinar matahari. Disamping itu, lendir siput juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori kulit serta memenuhi dibutuhkan nutriasi kulit anda.

Menguatkan Batang Rambut

Siapa sangka, lendir dari seekor bekicot mampu memberikan khasiat yang luar biasa, salah satunya yaitu menyuburkan dan memperkuat batang rambut. Dengan mengoleskan lendir siput secara merata hingga akar rambut, maka kerontokan pada rambut anda dapat segera diatasi.

Beberapa manfaat lendir bekicot lainnya adalah menyamarkan flek hitam di wajah, menyamarkan bekas luka, melindungi kulit dari sinar UV dan polutan, menjadikan kulit nampak lebih bercahaya, meminimalisir kerutan dan garis halus, serta memelihara kelembaban kulit.

Bekicot ternyata walaupun nampak menjijikkan lendirnya mempunyai segudang khasiat dan manfaat yang bisa anda coba. Demikian artikel manfaat lendir bekicot untuk kecantikan yang dapat admin share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: