Mengetahui Konsep Dasar Sebuah Software atau Perangkat Lunak Komputer

Perangkat keras atau hardware komputer tidak bisa berfungsi tanpa adanya software komputer atau perangkat lunak, teknologi yang canggih dari sebuah perangkat keras akan berfungsi bila perintah-perintah tertentu telah diberikan kepadanya, perintah-perintah tersebut dinamakan dengan perangkat lunak komputer (software). Perintah-perintah atau intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya dari perangkat keras komputer.

software perangkat lunak komputer

Intruksi-intruksi yang ditulis oleh DEVELOPER SOFTWARE atau program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu. Seperti telah diketahui bahwa komputer hanya mengenal sinyal elektronik, yang dalam kode biner hanya diwakili dengan nilai 1 dan 0. Demikian halnya intruksi-intruksi yang ditulis tersebut harus dalam bentuk binary dan akan membuat frustasi si membuat program. Untuk mengatasi hal seperti ini, maka intruksi-intruksi tersebut dapat dibuat dengan suatu bahasa pemograman tertentu dan diterjemahkan ke bahasa mesin yang dimegerti oleh komputer dengan suatu software atau perangkat lunak yang disebut dangan language software.

Dalam sistem pengolahan data dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah tertentu yaitu dengan cara mengolah data yang ada dengan menggunakan suatu program yang ditulis oleh seorang pemogram komputer (programmer). Program yang ditulis tersebut menggunakan bahasa pemograman yang disebut dengan perangkat lunak aplikasi (application software).

Menurut Prof. Dr. Jogianto, dalam bukunya untuk membedakan perangkat lunak maka beliau mengkategorikan ke dalam tiga bagian, yaitu :

  1. Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer
  2. Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer
  3. Perangkat lunak aplikasi (aplikaton software), yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesakan suatu aplikasi tertentu.

Software atau Perangkat lunak sesungguhnya adalah program, sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan system komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai, program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perorangan. Tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemograman, anda bisa membuat program yang anda kehendaki.

Sedangkan menurut Abdul Kadir dan Terra CH dalam bukunya, Software atau perangat lunak di kelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi:

Perangkat Lunak Aplikasi (application software) adalah program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat laporan keuangan, manipulasi foto, membuat dokumen dan sebagainya.
Perangkat Lunak Sistem (system software) juga disebut perangkat lunak pendukung atau support software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, misalnya : CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, misalnya perangkat lunak sistem yaitu system operasi windows dan linux.

Software atau Perangkat lunak aplikasi dapat kelompokkan menjadi:

  • Perangkat Lunak Hiburan
    Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan, program untuk memainkan musik, untuk memaikan film dll, misalnya: Winamp, windows midia player dan lain-lain
  • Perangkat Lunak Pendidikan
    Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi pengetahuan misalnya program kamus, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dll
  • Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
    Perangkat lunak ini untuk meningkatkan produktifitas kerja misalnya program word processing, spreadsheet, presentasi grafik, dekstop publishing dsb, misalnya Ms. Word, Ms. Excel
  • Perangkat Lunak Bisnis
    Perangkat lunak atau software bisnis untuk menangani aplikasi bisnis, misalnya berupa program untuk menangani persedian barang (inventory control) program keuangan, system akademik dll
Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: