Mengenal social bookmark

Kata “Bookmark” memiliki pengertian dasar yaitu sebagai penanda halaman pada sebuah buku atau majalah. Tetapi kata ini sekarang telah dipakai sedemikian rupa di dunia maya sehingga memiliki pengertian lain yaitu menandai sebuah halaman website, agar sewaktu-waktu dapat kembali ke halaman tersebut dengan mudah. Browser-browser raksasa umumnya memiliki fitur keren ini. Walaupun bookmark dapat diakses setiap saat, tetapi hanya bisa digunakan secara pribadi di browser masing-masing pengguna. Bagaimana jika Bookmark tersebut dishare sehingga dapat diakses bersama antar pengguna yang terdaftar dalam sebuah website?

mengenal social bookmark

Social Bookmark bukan sekedar website berita biasa

Salah satu hal yang yang sering kita dari Web 2.0 yaitu penyajian informasi bersama(sharing). Tetapi jauh sebelum Web 2.0 ada, salah satu bentuk sharing informasi ini telah dilakukan dalam bentuk layanan wen social bookmarking. Social bookmarking sendiri merupakan sebuah metode untuk membagikan dan mengorganisasi bookmark dari dan untuk sesama pengguna internet,dapat dishare untuk publik ataupun untuk pengguna tertentu. Misalkan, Anda mempunyai artikel di website atau di sebuah blog dengan URL:
https://www.dautic.com/mengenal-social-bookmark.html

Anda dapat mensubmit link tersebut lengkap dengan deskripsinya pada sebuah web yang menyediakan layanan social bookmarking. Setiap pengunjung web social bookmarking tersebut dapat melihat dan menemukan artikel deskripsi yang telah Anda submit tadi. Jika ingin membaca lengkap artikel tersebut, pengunjung dapat langsung klik link yang menuju ke website kita. Jadi sebuah website yang menawarkan social bookmarking pada intinya merupakan wadah berbagai informasi dari website lain.

Generasi awal website yang menawarkan layanan social bookmark adalah backflip.com, hotlink.com dan blink.com. Tetapi sebagian besar sudah pada gulung tikar. Saat ini layanan social bookmarking kembali booming. Anda tidak asing yang namanya DIGG, DELICIOUS, REDDIT,dan yang lainnya. Masing-masing mempunyai fitur dan gaya yang berlainan. Silahkan mencoba bermain di social bookmark tersebut.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!