Mengenal istilah-istilah tentang Graphics Card atau VGA

Salah satu hardware komputer atau perangkat keras komputer yang sangat signifikan adalah VGA atau Graphics Card yang dalam bahasa indonesia dikenal dengan sebutan Kartu VGA atau kartu VGA. Jadi bagi Anda yang suka design grafis atau hobby maen game komputer, harus memperhatikan Istilah-istilah Video Card ini. Tidak boleh sembarangan dalam memilih Kartu Grafis karena akan berefek pada kinerja komputer.

Mengenal istilah-istilah tentang Graphics Card atau VGA

Istilah-istilah tentang Kartu VGA (Kartu Video)

Core Clock
Core Clock artinya nilai frekwensi yang dimiliki oleh chip grafis pada video card. Dimana semakin besar nilai frekwensinya akan semakin tinggi pula kinerjanya. Satuan nilai frekwensi ini adalah dalam Hertz (Hz), cakupan nilai yang lain adalah MHz (Mega Hertz = 1juta hertz) atau yang lebih tinggi lagi adalah GHz (Giga Hertz = 1Milyar Hertz) dan sebagainya.

Direct 3D
Direct 3D adalah merupakan salah satu dari fungsi API dari Micro-soft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafis 3D.

DVI-I
Salah satu jenis DVI yang bisa dilewati sinyal analog maupun digital. DVI itu sendiri merupakan konektor yang biasa dipakai pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video pada saat dilakukan konversi dari digital ke dalam analog dan kembali ke digital lagi.

D-Sub
D-Sub adalah merupakan standard output port yang dipakai dari video card atau kartu grafis anda ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

HDR
HDR merupakan kepanjangan dari High Dynamic Range yang artinya Prosedur rendering pencahayaan yang didesign untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk range yang sangat besar. Hal seperti ini biasanya didapatkan dengan menggunakan data floating-point untuk texture dan target yang akan dirender, juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Walaupun menawarkan efek visual yang lebih menarik, tetapi mengaktifkan efek ini mempunyai performa bit yang cukup besar.

GPU
GPU atau Graphic Processing Unit adalah processor yang dipakai pada Kartu Video (VGA) dalam pemrosesan gambar.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: