Mengenal Aplikasi Content Management System

Untuk menjadi web designer profesional tidak 100% harus mengerti bahasa pemograman website atau lebih sering disebut seperti HTML, PHP, Java Script atau bahasa pemograman lainnya. Jika kita tengok ke belakang kurang lebih 2 atau 3 tahun silam, pembuatan sebuah website hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yaitu sebagian orang yang mengerti bahasa pemograman website. Itu sekitar 2 atau 3 tahun silam. Bagaimana dengan kondisi sekarang?

content management system

Saat ini membuat suatu konten sebuah website semakin dipermudah dengan adanya CMS yaitu Content Management System. Tanpa mengerti bahasa pemograman websitepun dengan mudah kita dapat membuat website yang powerfull. Banyak Internet Marketer yang tidak atau kurang mengerti bahasa pemograman website sukses dengan adanya Content Management System ini.

Content Management system itu sendiri dapat didefinisikan juga sebagai Web application untuk menciptakan dan mengatur konten website. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa dengan menggunakan CMS ini user yang hanya mempunyai sedikit kemampuan pas-pasan tentang bahasa pemograman akan bisa dengan mudah membangun website sendiri. Karena fitur-fitur yang diberikan oleh masing-masing CMS sangat user friendly bahkan oleh seorang pemulapun.

Aplikasi Content Management System yang populer

Ada puluhan atau bahkan ratusan Web CMS yang bertebaran di internet dari yang gratisan ataupun yang berbayar, misalnya:

  • WORDPRESS
    Wordpress adalah merupakan Content Management System berbasis Open Source atau bisa disebut free CMS. Free CMS raksasa karena user friendly dengan banyak dukungan free plugin dan free theme.
  • JOOMLA
    JOOMLA merupakan CMS Open source yang digunakan untuk mem-publish konten pada World Wide Web dan intranet yang bisa disamakan dengan Model-view-controller (MVC) web aplication framework.
  • DRUPAL
    Drupal juga merupakan CMS Open Source yang ditulis dengan bahasa PHP dan didistribusikan dibawah licensi GNU.
  • MAMBO
    Nama CMS ini adalah MAMBO Open Source (MOS).CMS Mambo ini digunakan untuk menciptakan dan mengatur website dengan web interface yang cukup user friendly.

Masih banyak Web Aplication yang belum disebutkan baik yang gratis (Open Source) maupun yang berbayar. Anda bisa mencari informasi di Google untuk lebih mengenal aplikasi Content Management System.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: