Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan

Alang-alang merupakan salah satu jenis tumbuhan liar yang banyak tumbuh di daerah lembab seperti rawa, sungai, serta lahan pertanian. Alang-alang atau juga biasa disebut dengan ilalang umumnya dianggap sebagai hama bagi lahan pertanian karena bisa berkembang biak dengan cepat dan menutupi tanaman pertanian. Tanaman alang-alang sendiri berbentuk seperti rumput berukuran besar dengan bunga berwarna putih pada bagian puncak batangnya. Alang-alang seringkali juga dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak. Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan

Meskipun sering dianggap sebagai hama dan tanaman perusak, alang-alang ternyata bisa menjadi obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit jika diolah dengan benar. Di Tiongkok dan Nusantara, akar serta bagian rimpang alang-alang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan tradisional.

Kandungan Akar Alang-alang

Berdasarkan beberapa pengujian, akar alang-alang diketahui memiliki kandungan berbagai macam senyawa seperti glukosa, saponin, asam sitrat, polifenol, sukrosa, alkali, asam malat, tanin, maitol, fernenol, serta simiarenol.

Khasiat dan Manfaat Akar Alang-alang

Dengan berbagai kandungan senyawa kimia seperti yang sudah dijelaskan diatas, tak heran jika akar alang-alang terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Meluruhkan Kencing (Diuretika)

Kelebihan zat natrium dan gula pada tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti gangguan ginjal dan jantung. Disinilah fungsi ginjal untuk membuang kadar garam dan gula berlebihan pada tubuh melalui air seni. Akar alang-alang sendiri merupakan tanaman bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan volume buang air kencing. Dengan sering buang air kecil, diharapkan zat-zat tidak berguna yang terkonsentrasi di dalam tubuh bisa langsung dibuang.

Obat Untuk Gangguan Ginjal

Akar alang-alang memiliki sifat mendinginkan sehingga sangat cocok jika digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan pada organ ginjal. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengambil air sari akar alang-alang untuk kemudian diminum. Caranya, potong-potong kecil akar alang-alang yang sudah dicuci bersih, rebus ke dalam tiga gelas air putih, lalu tunggu sampai mendidih hingga air rebusan berubah warna menjadi agak pekat. Tunggu sampai air rebusan ini dingin, saring ke dalam gelas, lalu minum secara teratur setiap hari.

Mengobati Mimisan

Bagi anda yang seringkali mengalami mimisan tanpa sebab yang jelas, ramuan akar alang-alang bisa menjadi solusi untuk menyembuhkannya. Caranya adalah dengan menumbuk akar alang-alang segar yang sudah dicuci, peras sampai keluar airnya, kemudian langsung minum air sari akar alang-alang ini.

Mengobati Muntah Darah

Hampir sama seperti cara-cara sebelumnya, 50 gram akar ilalang dicuci bersih kemudian potong kecil, rebus di dalam tiga gelas air, lalu tunggu sampai air mendidih menyisakan satu gelas saja. Diamkan ramuan sampai dingin, saring ke dalam gelas, kemudian minum.

Selain keempat Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan tersebut, berbagai kandungan senyawa kimia di dalam akar alang-alang membuat tanaman ini memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan, diantaranya:

  • Sebagai agen antipiretik yang berfungsi untuk menurunkan suhu badan.
  • Untuk mencegah terjadinya pendarahan (hemostatik).
  • Menjaga kesehatan paru-paru.
  • Baik untuk pencernaan, terutama untuk organ usus halus.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Serta mengatasi gangguan kesehatan pada kelenjar prostat.

Demikianlah lagi ulasan kita kali ini mengenai aneka macam Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan  yang perlu anda ketahui untuk menambah wawasan kita. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu!

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: