Makanan yang mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil sangat baik untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang memiliki zat besi tinggi bisa diperoleh dari bermacam sumber seperti buah, sayur, ikan atau daging. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua bagian tubuh. Ibu hamil adalah orang yang wajib mencukupi keperluan zat besinya secara baik. Disamping mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, ada baiknya ibu hamil juga mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti tomat, jeruk, dan apel untuk memudahkan penyerapan zat besi tersebut. Dibawah ini merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil. Makanan yang mengandung zat besi

Makanan Yang Mengandung Zat Besi Yang Baik Untuk Ibu Hamil

  1. Telur

Didalam sebuah telur selain terkandung protein, juga terdapat kandungan nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin D. Dengan kandungan nutrisinya yang cukup kompleks, selain dikonsumsi ibu hamil, telur juga sangat bagus untuk dikonsumsi anak-anak untuk membantu tumbuh kembang mereka.

  1. Hati ayam

Kurangnya asupan zat besi kerap dialami banyak orang, salah satu dampak dari kurangnya asupan zat besi ini yaitu penyakit anemia. Dengan demikian tubuh akan mudah menjadi lelah dan lemah. Hati ayam adalah sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang tinggi, sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Didalam 100 gr hati ayam panggang terkandung 13 mg zat besi, atau berkisar 72 % dari keperluan zat besi harian kita. Sedangkan hati ayam yang direbus terdapat sekitar 11,6 mg atau 65 % kebutuhan zat besi harian kita.

  1. Bayam

Sumber makanan yang mengandung zat besi untuk wanita hamil berikutnya yaitu bayam. Bayam adalah jenis sayuran yang tinggi akan kandungan zat besi, kandungan zat besi yang ada pada bayam sekitar 2,7 mg zat besi / 100 gr. Ini adalah kandungan zat besi yang lumayan tinggi. Maka dari itu, bila anda ingin memperoleh asupan zat besi, bayam adalah pilihan yang sangat tepat buat anda. Untuk memperoleh kadar zat besi yang tinggi anda bisa mengonsumsi bayam sebagai salad. Bila anda ingin mengolahnya sebagai sayur,  rebuslah bayam dengan tidak terlalu lama agar kandungan nutrisi didalam bayam tidak hilang.

  1. Tiram

Tiram selain menghasilkan mutiara juga mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kadar zat besi pada tiram sekitar 5,81 mg dalam 80 gr tiram. Disamping itu, tiram juga memiliki afrodisiak dan kalsium alami yang baik untuk tubuh.

  1. Daging merah

Daging merah bisa didapatkan dari daging kambing, sapi, serta daging lain yang berwarna merah. Daging ini menyediakan kandungan zat besi yang lumayan tinggi bagi tubuh. Untuk memilih daging merah yang bagus dianjurkan memilih yang tanpa lemak. Hal ini untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah, namun anda tetap memperoleh asupan zat besi yang cukup.

  1. Tomat

Tomat didalamnya terkandung zat besi yang cukup tinggi, satu gelas tomat terdapat sekitar 3,39 mg zat besi. Disamping sebagai sumber zat besi, tomat juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah  penuaan dini. Vitamin C yang terdapat pada tomat juga bisa membantu  penyerapan zat besi dengan baik.

  1. Kacang merah

Kacang merah memang tidak terlalu dikenal seperti kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau, tetapi kacang merah mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi didalamnya yang baik untuk tubuh. Kacang merah disamping tinggi akan zat besi juga memiliki kandungan karbohidrat, asam folat, kalsium dan serat. Selain itu kacang merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

Demikianlah artikel singkat mengenai makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil. Semoga bisa menjadi referensi bagi bunda dalam memenuhi kebutuhan zat besi. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: