Jenis Serta Manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak

Manfaat dari imunisasi memang sangat luar biasa. Karena manfaat yang luar biasa itulah mengapa pemerintah mencanangkan program imunisasi untuk bayi hingga balita. Di Indonesia imuniasi sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 1970. Tujuan imunisasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan sistem imun dari tubuh dengan cara memberikan vaksin sehingga bayi akan kebal terhadap penyakit tertentu. Vaksin itu sendiri adalah mikroorganisme yang telah dilemahkan yang bertujuan menginduksi sistem imun dari tubuh untuk membentuk antibodi terhadap antigen tertentu. Walaupun yang dimasukan adalah mikroorganisme tetapi anda tidak perlu khawatir karena imunisasi tidaklah berbahaya dan tidak menimbulkan efek apapun. Tetapi untuk melakukan imunisasi anda harus berhati – hati dan teliti, imunisasi akan berbahaya jika dilakukan pada saat bayi mengalami panas tinggi karena dapat menyebabkan kecacatan pada otak. Jadi pemberian imunisasi sebaiknya dilakukan ketika bayi dalam kondisi sehat.

Beberapa imunisasi pokok dan wajib untuk diberikan kepada anak yang dianjurkan oleh pemerintah untuk anak balita adalah

  1. Imunisasi Hepatitis
    Imunisasi yang ditujukan untuk memberikan kekebalan terhadap agen hepatitis. Biasanya diberikan pada saat anak berusia 2 tahun dan diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak waktu sekitar 6 – 12 bulan.
  2. Imunisasi BCG
    Imunisasi BCG diperuntukan memberikan kekebalan terhadap kuman TBC. Dan diberikan sebelum anak berusia 2 bulan.
  3. Imunisasi DPT
    Untuk memberi kekebalan terhadap penyaki tetanus, dipteri dan pertusis.
  4. Imunisasi campak
    Untuk melindungi dari virus campak,yang diberikan pada saat anak berusia 9 bulan.
  5. Imunisasi polio
    Untuk melindungi tubuh dari serangan virus polio. Vaksin ini diberikan 5 kali yaitu pada saat bayi baru lahir, 2 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan 15 bulan.

Setelah mengetahui jenis dari imunisasi akan lebih baik lagi jika mengetahui sebenarnya apa manfaat dari imunisasi ? manfaat imunisasi adalah

  1. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit tertentu. Termasuk penyakit yang berbahaya.
  2. Menekan angka penyakit menular
  3. Dapat meningkatkan derajat kesehatan Nasional, karena semakin jarang penyakit.
  4. Lebih menghemat biaya untuk keperluan berobat. Karena dengan melakukan imunisasi maka uang untuk biaya berobat dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Nah begitu besar manfaat imunisasi yang dapat diperoleh jadi segeralah imunisasikan bayi anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: