Jenis Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil sangat penting diperhatikan, karena berhubungan dengan perkembangan janin didalam kandungan bunda. Kekurangan asupan vitamin dari sayuran dapat menjadi hal yang sangat serius buat bunda dan janin nantinya. Sayuran untuk ibu hamil sangat beragam jenisnya, dari yang mengandung zat besi hingga asam folat. Bermacam vitamin yang ada didalam sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi para ibu hamil. Maka dari itu bunda harus tahu jenis sayuran yang bagus untuk wanita hamil sebelum mengkonsumsinya. Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

Beberapa jenis sayuran yang baik dan tentunya sangat sehat dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain:

Kacang – kacangan

Jenis sayur yang bagus untuk ibu hamil yang pertama adalah kacang-kacangan. Mengkonsumsi jenis kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Jenis sayuran ini didalamnya terkandung protein nabati yang tinggi. Dari bermacam jenis kacang, kacang buncis merupakan jenis dari kacang  yang sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Dimana kacang buncis ini terdapat folat dan kalsium yang tinggi.

Kol dan kembang kol

Kol ataupun kembang kol sangat bagus dikonsumsi ibu hamil. Hal ini karena kembang kol ataupun kol didalamnya terkandung asam folat yang dibutuhkan oleh bunda dan janin. Tetapi bunda juga harus berhati hati, bila mengonsumsi kol dalam kondisi mentah, pastikan telah dicuci terlebih dahulu hingga bersih, supaya tidak ada bakteri yang menempel.

Kangkung

Kangkung merupakan makanan yang sudah sangat familiar sekali di lidah kita. Kangkung juga terkenal sebagai sayuran yang memiliki efek mengantuk bila dikonsumsi. Benarkah demikian? Pendapat ini tidak salah, hal ini karena didalam kangkung terkandung zinc dan selenium. Kandungan ini adalah unsur sedatif yang dapat menjadikan syaraf menjadi lebih rileks sehingga bisa membuat rasa kantuk. Bila dikonsumsi secara rutin, anda dapat terhindar dari gangguan insomnia.

Bayam

Bayam didalamnya terdapat mineral dan vitamin yang sangat bagus bagi ibu hamil. Disamping terkandung vitamin dan mineral, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, C dan K. Bukan hanya itu saja, bayam juga merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Dimana asam folat ini memiliki khasiat terhadap perkembangan janin.

Wortel

Wortel didalamnya terkandung vitamin A yang sangat bagus bagi perkembangan mata bayi.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil, karena didalamnya  kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Disamping memiliki dua zat tersebut, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C, A, dan vitamin K. Brokoli juga terkenal memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi.

Jagung

Jagung umumnya kita konsumsi dengan cara dibakar atau direbus. Namun ada salah satu jenis jagung yang bisa kita makan dengan cara disayur. Jagung manis adalah salah satu jenis jagung yang bisa kita jadikan sayur. Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, jagung ini didalamnya mengandung gizi yang sangat tinggi. Salah satunya yaitu kandungan vitamin B12 yang baik untuk menaikan darah dan memelihara kalium dalam tubuh. Disamping itu, jagung adalah sumber protein nabati yang sangat bagus bagi ibu hamil.

Demikianlah beberapa daftar sayuran yang bagus untuk ibu hamil, yang dapat bunda jadikan referensi untuk makanan sehat sehari hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: