Jenis Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil harus benar-benar dihindari oleh bunda, supaya bunda dan janin tetap terjaga kesehatannya. Memang masa kehamilan merupakan masa yang cukup sulit untuk seorang wanita dan  bayi yang ada didalam kandungan. Disamping harus melakukan aktifitas  sehat, bunda juga harus waspada dalam mengonsumsi beberapa makanan dan buah. Hal ini karena kehamilan akan mempengaruhi sistem imun tubuh seorang wanita, sehingga bunda dan bayi akan sangat rentan terhadap virus, bakteri, atau senyawa tertentu yang ada pada makanan. Buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari dalam masa kehamilan. Jadi bila bunda ingin yang terbaik untuk bayinya, maka perhatikanlah secara detail daftar jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Pada umumnya buah-buahan sangat sehat untuk kehamilan, tetapi ada zat tertentu pada buah yang bisa menimbulkan resiko tidak baik. Sebagai alternatif, masih banyak jenis buah lainnya yang dapat bunda konsumsi, bahkan kandungan nutrisinya jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil :

Buah Pepaya

Buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang pertama adalah pepaya. Mengonsumsi buah pepaya ternyata dapat mengakibatkan keguguran. Terutama pada pepaya yang masih mentah atau setengah matang, pepaya ini memiliki getah (lateks) yang dapat memicu kontraksi rahim. Buah ini wajib dihindari saat usia kandungan menginjak trimester ketiga dan masa akhir kehamilan. Tetapi tidak demikian terhadap pepaya yang sudah benar-benar matang, namun kulitnya harus dikupas dan dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Pepaya yang matang tinggi akan kandungan gizi, seperti mineral, vitamin C, dan serat serta masih banyak lagi nutrisi yang lainnya. Pepaya yang dicampur susu dan madu juga sangat baik sebagai tonik wanita hamil terutama saat menyusui.

Buah Durian

Durian pada dasarnya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi untuk ibu hamil dapat mengakibatkan risiko yang tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Buah durian mempunyai sifat panas ketika berada didalam perut, selain itu buah ini juga diduga mempunyai kadar alk*hol. Orang normal saja bila terlalu banyak makan durian dapat menimbulkan rasa pusing, hal ini diduga karena reaksi dari zat alk*hol tersebut.

Disamping itu, buah ini juga terkandung asam arachidonat, yaitu  senyawa kimia yang dapat memicu terbentuknya prostaglandin. Prostaglandin yaitu senyawa yang dapat memicu kontraksi rahim. Sehingga dapat mengakibatkan keguguran terutama saat trimester pertama, atau kelahiran prematur saat usia kehamilan belum mencapai 36 minggu. Alk*hol juga adalah salah satu zat yang harus dihindari selama proses kehamilan. Meskipun hal ini masih terdapat beberapa perdebatan, namun mengapa kita harus ambil resiko, karena masih banyak jenis buah lainnya yang lebih sehat.

Buah yang belum dicuci

Disarankan bagi ibu hamil untuk menghindari buah yang tidak dicuci atau tidak steril. Hal ini berlaku untuk semua jenis makanan. Ini sangat penting dilakukan untuk menghindari infeksi dari bakteri seperti toksoplasmosis. Disamping itu, kulit buah yang tidak bersih memungkinkan terdapat sisa pestisida yang berbahaya.

Buah Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang juga harus dikurangi atau bila perlu dihindari konsumsinya oleh wanita hamil. Nanas tinggi akan kandungan bromelain, yaitu kandungan yang bisa mengakibatkan pelunakan di leher rahim yang dapat memicu persalinan prematur. Oleh karena itu gantilah buah nanas dengan buah lain yang lebih aman dan memiliki nutrisi tinggi.

Buah-buahan memang wajib menjadi bagian dari proses kehamilan. Akan tetapi bunda juga harus waspada atau apabila perlu hindari saja makan buah seperti durian, nanas, atau pepaya agar lebih aman dari bermacam komplikasi. Demikianlah artikel singkat mengenai buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: