Istilah-istilah dalam Harddisk Komputer

Harddisk adalah hardware atau perangkat keras komputer yang fungsi utamanya adalah untuk menyimpan data, baik data/file sistem operasi ataupun data-data pengguna komputer. Harddisk dilihat dari kecepatannya ada 2 macam yaitu harddisk dengan kecepatan 7200 RPM yang umumnya dipakai untuk PC dan harddisk dengan kecepatan 5600 RPM yang umumnya dipakai pada notebook(Laptop) atau netbook. Kedua model harddisk tersebut mempunyai ciri tersendiri.

hardisk

Cara mudah untuk mengenali atau membedakan harddisk laptop dan harddisk PC adalah bisa dilihat dari segi ukuran dimana untuk Harddisk PC lebih besar dari pada Harddisk Laptop.

Istilah-istilah dalam Harddisk Komputer

Acces Time
Acces time dapat di artikan waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengakses data yang diperlukan, baik dari keadaan idle sampai mendapatkan data tersebut.

ATA/133
ATA merupakan standard kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Nama-nama lain ATA adalah seperti ATA/ATAPI-7, UI-tra-DMA/133, ATA-7, UDMA 6, dan lain sebagainya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan sebuah controller harddisk yang sudah mendukung, juga diperlukan controller bus pada sisi PC atau pada sisi motherboard. Sedangkan dalam pengembangan berikutnya adalah ATA-8 atau ATAPI-8. Density tingkat kepadatan penempatan data bit didalam sebuah piringan data pada media penyimpanan, termasuk pada harddisk.

EIDE
EIDE kepanjangan dari Enhanced Integrated Drive Electronics. EIDE juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau juga dinamakan ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface) istilah ini adalah pada zaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s yaitu untuk standard ATA-133. Tetapi kelemahannya adalah panjang kabel maksimal 18 Inchi (450mm)

NCQ
Kepanjangan dari NCQ adalah Native Command Queuing. NCQ merupakan comand protokol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Command Queuing), yang sering kali ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk itu sendiri. Perpendicular Recording Proses perekaman data di dalam harddisk dengan memosisikan magnetisme secara vertikal, dibanding dengan cara komvensional (horisontal). Dalam hal ini diperlukan ruang plater yang lebih kecil.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!