Inilah Tips Berpuasa bagi Penderita Sakit Maag

Selain dapat mengakibatkan dehidrasi bagi mereka yang tidak mengontrol pola konsumsi saat puasa, gangguan pencernaan juga akan anda alami jika anda tidak memedulikan jenis makanan yang anda konsumsi saat puasa. Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sakit maag. bagi penderita sakit maag, mungkin akan merasa was-was ketika harus berpuasa, mereka takut ketika lambung dalam keadaan kosong maka maag mereka kambuh dan menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang tak tertahankan. Penyakit maag adalah akibat adanya kelainan atau masalah yang terjadi pada sistem pencernaan tubuh, dimana kadar asalm lambung kerap naik dan mengakibatkan rasa perih di bagian ulu hati dan lambung sebelah kiri. Puasa Bagi Penderita Maag

Pada saat bulan ramadhan, sayang rasanya jika harus tidak puasa hanya karena memiliki penyakit maag. Padahal ibadah puasa adalah ibadah yang hanya terjadi satu tahun sekali. Wajar rasanya jika para penderita maag kerap takut saat berpuasa, rasa nyeri akibat maag kambuh memang sangat tidak tertahankan. Kondisi tubuh yang tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dari waktu sahur hingga buka puasa, membuat lambung akan kosong dan memicu naiknya kadar asal lambung bagi penderita maag dan dapat memicu mual dan muntah.

Jika kita mengetahui tips dan cara aman berpuasa meskipun memiliki penyakit maag, maka rasa takut khawatir maag kambuh saat menjalankan puasa tidak akan anda alami. Nah, khusus bagi para penderita sakit maag berikut kami rangkum beberapa tips yang harus anda lakukan agar sakit maag tidak kambuh saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Hindari Makanan Berlebihan

Agar sakit maag tidak kambuh saat puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlebihan khususnya saat buka puasa. Kondisi makan berlebihan akan memicu peningkatan asam lambung secara mendadak dan mengakibatkan sakit maag menjadi kambuh. Jadi sebaiknya bagi anda penderita sakit maag, pada saat berbuka puasa jangan langsung menyantap makanan datau minuman berat. Usahakan berbuka dengan air putih atau teh hangat, kemudian kurma atau buah-buahan. Biasakan lambung menerima makanan ringan terlebih dahulu, lalu selanjutnya silahkan konsumsi makanan berat degan catatan dalam takaran dan porsi yang normal dan tidak berlebihan.

  1. Hindari Makanan Mengandung Gas

Sebagai penderita penyakit maag, tentu tak heran rasanya jika ada beberapa makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi. Salah satu jenis makanan yang dapat memicu sakit maag kambuh adalah makanan yang mengandung gas. Pada saat puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan jenis ini, pasalnya makanan-makanan tersebut akan merusak di dinding lambung dan dapat meningkatkan asam lambung. Adapun jenis makanan yang mengandung gas adalah Kol, sawi serta beberapa minuman yang memicu sakit maag seperti kopi dan soda. Dan sebisa mungkin hindari juga mengonsumsi makanan terlalu asan dan pedas.

  1. Hindari Tidur Usai Sahur

Kebiasaan ini memang kerap dilakukan banyak orang, pasalnya setelah sahur dan perut dalam keadaan kenyang maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah berbaring dan tidur. Bagi penderita sakit maag, hal itu sebaiknya dihindari. Pasalnya ketika perut dalam keadaan kenyang dan anda sedang berbaring, maka hal itu dapat memicu terbukanya katup yang mampu meningkatkan asam lambung hingga kerongkongan. Dan akibatnya selain nyeri, mual dan muntah pun bisa terjadi.

  1. Hindari Tidak Makan Sahur

Sahur adalah aktivitas yang harus anda lakukan pada saat berpuasa, pasalnya makanan pada saat sahur ini akan menjadi bekal anda selama seharian hingga waktu berbuka. Nah, bagi penderita penyakit maag makan sahur tentu menjadi hal yang wajib untuk mereka lakukan, pasalnya sekali saja perit dalam keadaan kosong, maka dalam sekejap maag akan kambuh. Selain itu perus kosong akan membuat dinding lambung saling bergesekan dan memicu meningkatkan asam lambung.

Jadi meskipun anda penderita penyakit maag, jangan pernah takut untuk tetap berpuasa, lakukan beberapa tips yang telah kami sebutkan di atas maka puasa anda akan lancar dan sakit maag juga tidak akan kambuh. Bagi penderita maag, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada siang hari saat puasa, sebaiknya setelah sahur konsumsi obat sakit maag. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan kembung yang memicu naiknya asam lambung.

Tak hanya pada saat berpuasa saja, kondisi sakit memang perlu diperhatikan setiap hari. Pasalnya meskipun hanya sebatas sakit area lambung, namun asam lambung atau sakit maag yang akut juga dapat mematikan. Bagi anda penderita sakit maag, hindari mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan sakit maag, dan lakukan pengobatan agar sakit maag yang anda alami bisa sembuh.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: