Inilah Gangguan Penyakit yang Kerap Muncul Saat Puasa

Puasa sudah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap saja kala puasa dijalankan dengan tidak memedulikan asupan makanan yang dikonsumsi tak jarang puasa malah justru mendatangkan penyakit bagi tubuh. Salah satu gangguan penyakit yang sering di diderita mereka yang puasa dengan tidak benar adalah gangguan pencernaan. Pasalnya ketika puasa kita tidak boleh makan dan minum pada siang hari hingga waktu buka puasa datang, itu artinya satu harian perut dalam keadaan kosong, dan jika salah dalam mengonsumsi makanan pada saat berbuka maka akibatnya akan terjadi gangguan pada sistem pencernaan anda. Gangguan Penyakit Saat Puasa

Selain akibat jenis makanan yang dikonsumsi saat berbuka, minuman pun juga sama dampaknya jika meminumnya dengan cara yang salah. kebanyakan orang ketika sedang berbuka langsung meneguk segelas air dingin yang manis, hal itu agaknya menjadi kebiasaan yang salah selama ini. Tubuh yang kekurangan cairan hanya membutuhkan cairan mineral seperti air putih baisa saja, dan ketika anda mengonsumsi air dingin yang manis maka akibatnya kadar gula darah langsung meningkat dan tentu ha itu sangat membahayakan tubuh. Meskipun bisa menghilangkan dahaga dalam sekejap, namun air dingin sebaiknya dikonsumsi setelah sebelumnya anda mengonsumsi air putih biasa. Hal itu dilakukan agar perut yang sudah seharian kosong tidak mengalami keram akibat air bersuhu dingin yang langsung masuk ke dalamnya.

Jadi sebaiknya perhatikan tata cara yang benar dalam mengonsumsi makanan ketika saur dan buka puasa, hal itu bertujuan agar puasa tidak mendatangkan penyakit dan gangguan kesehatan. Selain tata caranya, jenis makanan yang anda konsumsi saat puasa juga penting untuk diperhatikan agar makanan yang anda konsumsi selama puasa banr-benar memiliki nutrisi dan baik bagi sistem pencernaan anda. Dan berikut berhasil kami rangkum, beberapa gangguan penyakit yang kerap terjadi saat puasa.

  1. Terjadi Gangguan Pada Pencernaan

Seperti yang kita singgung di atas, hal paling sering yang akan terjadi pada tubuh karena puasa dengan cara yang tidak benar adalah masalah pencernaan. Gangguan pencernaan kerap terjadi pada mereka yang salah memilih makanan dan cara mengonsumsinya. Sehingga sistem pencernaan yang berhenti bekerja akibat puasa akan langsung terkejut dan kerap mengalami gangguan. Adapun makanan yang sebaiknya anda hindari saat puasa agar terhindar dari masalah pencernaan adalah makanan pedas, asin serta makanan lain yang banyak mengandung lemak. Karena makanan-makanan tersebut membutuhkan proses yang lama untuk dicerna dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan pencernaan anda.

  1. Gangguan Sakit Maag

Penyakit ini juga sama, yakni penyakit yang terjadi akibat adanya kesalahan pola konsumsi. dan pada saat puasa tak jarang salah satu gangguan yang sering di alami adalah sakit maag. Kadar asam lambung yang meningkat akibat jenis makanan yang salah dapat memicu rasa nyeri, mual dan bahkan muntah. Jadi agar terhindar terkena sakit maag saat puasa, sebaiknya perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi dan cara anda mengonsumsi makanan pada saat buka dan sahur.

  1. Mengalami Sembelit

Ketika puasa, tentu tubuh anda akan banyak kehilangan carian dan membutuhkan cairan untuk sistem metabolismenya. Salah satu dampak yang terjadi akibat kurangnya cairan tubuh adalah semebelit. Selain akibat kekurangan cairan, sembelit juga disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Jadi meskipun puasa, anda tetap diwajibkan melengkapi cairan tubuh dengan mengontrol konsumsi air putih selama sahur dan buka puasa, selain itu makanan kaya serat juga sangat penting untuk anda konsumsi saat puasa, hal itu agar pencernaan anda tetap lancar dan terhindar dari sembelit.

  1. Gangguan Sakit Kepala

Selain masalah pencernaan, sakit kepala juga kerap dialami mereka yang sedang berpuasa. Hal itu karena tubuh mengalami banyak kekurangan cairan sehingga oksigen yang sejatinya dialiri ke seluruh tubuh melalui darah dan cairan menjadi berkurang. Selain itu, mengonsumsi minuman yang terlalu dingin pada saat buka puasa juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Jadi agar terhindar dari gangguan sakit kepala dan gangguan penyakit lain, maka sebaiknya lakukan puasa dengan cara yang baik dan benar.

Gangguan penyakit tersebut memang paling sering terjadi dan dialami oleh mereka yang menjalankan puasa yang kurang benar. Pola konsumsi makanan pada saat sahur dan buka sangat berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan dan tubuh anda selama puasa. Jadi sebaiknya hindari makanan-makanan yang tidak baik dikonsumsi saat puasa, serta konsumsi lah makanan dalam porsi yang normal dan jangan berlebihan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: