Inilah Bahayanya Jika Makan Terlalu Banyak Saat Buka Puasa

Moment buka puasa adalah waktu yang paling dinanti-nantikan saat sedang menjalankan puasa, pasalnya pada waktu ini semua yang dilarang pada saat puasa bisa dilakukan mulai dari makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa. Namun bukan hal lain yang membuat orang kerap senang saat waktu buka datang, tak lain adalah karena sudah diperbolehkan makan setelah seharian menahan haus dan lapar. Biasanya pada waktu buka datang berbagai jenis makanan sudah terhidang dan siap di santap. Di Negara kita ini, makanan dan minuman manis menjadi menu utama saat berbuka puasa, dan alhasil orang sering makan secara berlebihan saat buka puasa akibat sudah terlalu merasa lapar. Makan Terlalu Banyak Saat Buka

Mengonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa tentu akan berdampak buruk pada tubuh, tak heran ketika waktu setelah berbuka kita sering merasa suhu tubuh  meningkat dan terasa sangat panas. Hal itu karena tubuh terutama area pencernaan merasa kaget ketika diisi makanan dalam jumlah banyak setelah seharian dalam keadaan kosong. Reaksi ini biasa terjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi pada saat buka puasa tersebut banyak mengandung zat yang tidak baik pada tubuh. Jadi sebaiknya perhatikan jenis dan kandungan makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain memerhatikan jenis makanan, jumlah atau porsi makanan yang kita konsumsi pun harus diperhatikan. Rasa seolah ingin menghabiskan beragam makanan pada saat buka tiba adalah hanya sebatas nafsu karena tubuh sudah dalam keadaan yang lapar. Padahal tak jarang ketika kita berbuka, hanya minum satu gelas air saja rasanya sudah kenyang dan tak ingin mengonsumsi makanan lainnya. Namun ada juga yang memang terbiasa mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa, karena sudah seharian menahan lapar. Padahal mengonsumsi makanan terlalu banyak saat puasa adalah yang tidak baik, meskipun rasa lapar akan hilang, namun dampak setelahnya justru akan anda alami. Beragam gangguan kesehatan akan terjadi pada saat anda makanan terlalu banyak saat berbuka puasa. Dan berikut bahaya makan terlalu banyak saat buka puasa.

  1. Mengalami Kegemukan

Orang mungkin banyak yang mengira jika puasa dapat menurunkan berat badan selama satu bulan penuh, namun ternyata puasa malah justru akan meningkatkan berat badan dan dapat membuat anda gemuk jika selama berpuasa pola konsumsi tidak anda kontrol dengan baik. Puasa sejatinya memang untuk kesehatan, dengan catatan anda menjalankan puasa benar-benar mengontrol dan mengatur pola konsumsi menjadi tidak berlebihan. Makan terlalu banyak pada saat buka menjadi pemicu anda mengalami kegemukan, pasalnya kadar lemak dari makanan-makanan yang anda konsumsi bisa cepat tertimbun dalam tubuh, terutama jenis makanan berminyak dan manis. Kedua jenis makanan tersebut adalah menu wajib bagi orang berbuka puasa di negara kita ini. jadi salah satu dampak buruk makanan terlalu banyak saat baka puasa adalah kegemukan. Kita tahu ketika berat badan sudah lebih di atas normal, maka sistem dan metabolisme tubuh akan mengalami penurunan fungsi dan alhasil tubuh akan kerap mengalami berbagai serangan penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas dan kolesterol.

  1. Masalah Gangguan Pencernaan

Dan selanjutnya bahaya makan terlalu banyak saat puasa adalah gangguan pencernaan. pasalnya pada saat anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak di saat berbuka puasa maka makanan tersebut akan menumpuk langsung di dalam lambang dan butuh waktu lama bagi sistem pencernaan untuk dapat mencerna makanan-makanan tersebut. Dan akibat dari penumpukan dan terlalu banyak jumlah makanan dalam lambung dapat mengganggu fungsi kinerja pencernaan kita. Maka tak heran ketika anda terlalu banyak makanan saat buka pusa akan mengalami keluhan perut kembung, perut terasa nyeri, mual dan bahkan muntah. Jadi sebaiknya konsumsi makanan saat buka puasa hanya makanan yang sekiranya mengandung kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti air putih, kurma dan jenis makanan berserat lainnya. Dan pastikan porsi makanan tersebut dalam keadaan normal. Hal itu agar tubuh terhindar dari masalah pencernaan akibat terlalu banyak makan.

  1. Tubuh Menjadi Lemas dan Kantuk

Pada saat tubuh anda terpenuhi karbohidrat dalam jumlah yang banyak maka salah satu efek yang akan terjadi adalah lemas dan lesu. Tubuh anda akan merasa sangat lemas ketika anda mengonsumsi makanan yang sangat banyak ketika berbuka puasa. Selain itu, ketika perut sudah terlalu kenyang, maka efek lain yang akan terjadi adalah timbulnya rasa kantuk dan membuat anda enggan untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Padahal selesai berbuka puasa, masih ada aktivitas ibadah yang harus kita kerjakan yakni shalat tarawih.

Segala jenis dan macam aktivitas yang dilakukan secara berlebihan memang akan berdampak burut kepada kita, salah satunya adalah ketika makan terlalu banyak pada saat buka puasa. 3 bahaya yang siap mengintai anda jika terus berulang mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat buka puasa di atas tak hanya akan berlangsung selama bulan puasa saja. Gangguan dan gejala penyakit lain juga akan timbul akibat makan berlebihan tersebut dikemudian hari.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: