Inilah Bahaya Tidur Setelah Selesai Makan Sahur

Sahur adalah aktivitas yang dilakukan sebelum menjalankan puasa, sahur biasanya dilakukan pada dini hari menjelang subuh, dimana pada waktu itu orang yang akan berpuasa melakukan aktivitas makan dan minus hingga waktu imsak menjelang subuh. Bangun untuk sahur memang menjadi hal yang sedikit malas, pasalnya pada jam-jam tersebut orang masih cukup nyenyak tidur. Dan tak jarang akibat terlalu nyenyak beberapa orang ada yang terpaksa tidak sahur akibat tidak terbangun. Sahur sejatinya menjadi aktivitas yang sebaiknya dilakukan sebelum berpuasa, pasalnya dengan sahur kita mengisi perut kita dengan makanan yang nantinya akan dijadikan perbekalan pada saat puasa hingga waktu buka tiba. Meskipun demikian pentingnya, ada juga orang yang sengaja meninggalkan sahur dengan berbagai alasan yang mendasarinya. Tidur Setelah Sahur

Dan biasanya pada saat selesai sahur, kondisi perut akan terasa kenyang dan menyebabkan mata menjadi kantuk kembali. Hal itu membuat banyak orang yang langsung tidur setelah sahur dan dalam kondisi perut kenyang akibat mengonsumsi makanan saat sahur. Tidur pada saat setelah sahur adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan, pasalnya pada setelah sahur kondisi lambung yang penuh akan membuat sistem pencernaan kesulitan mencerna makanan jika setelahnya kita langsung tidur. Ada beberapa bahaya yang akan anda alami jika tidur setelah makan sahur, bahaya tersebut berupa penyakit, hingga gangguan sistem pencernaan yang akan anda alami.

Tak hanya saat sahur saja, setiap kali anda selesai makan juga sangat tidak dianjurkan untuk berbaring apalagi tidur. Pasalnya sistem pencernaan atau lambung anda membutuhkan waktu agar makanan yang baru saja anda konsumsi luruh dan masuk ke sistem pencernaan dengan sempurna. Jadi sebaiknya setelah makan sahur usahakan jangan langsung tidur, berikan sedikit waktu akan makanan yang anda konsumsi masuk seluruhnya ke sistem pencernaan. Yakni dengan duduk selama kurang lebih 30 menit dan selanjutnya silahkan anda tidur kembali. Dan berikut beberapa bahaya jika tidur setelah makan sahur saat pausa.

  1. Menyebabkan Penyakit Stroke

Kondisi paling bahaya jika setelah makan anda langsung tidur adalah stroke, dimana kondisi perut yang dalam keadaan kenyang akan menjadi sulit masuk ke sistem pencernaan akibat anda tidur sebelum semua makanan yang anda konsumsi tersebut masuk ke sistem pencernaan. kebiasaan itu ternyata dapat memicu kelianan dan gangguan tak hanya pada sistem pencernaan anda saja, namun pada kondisi terparahnya anda dapat terkena penyakit stroke. jadi sebaiknya demi terhindar dari penyakit mematikan ini sebaiknya hindari tidur setelah makan dan begitu juga setelah sahur.

  1. Teras Nyeri di Bagian Dada

Pada saat anda tidur dalam kondisi perut masih kenyang, maka hal itu akan membuat sistem pencernaan akan bekerja lebih keras sehingga memicu asam pada lambung naik hingga ke area dada anda. Asam lambung tersebut akan mengakibatkan rasa nyeri dan panas di area dada anda bahkan hingga ke area kerongkongan. Dan bahkan naiknya asam lambung dapat menyebabkan rasa mual dan muntah.

  1. Tenggorokan Terasa Panas

Selain bagian dada dan lambung, naiknya asam lambung juga dapat menyebabkan rasa terbakar dan panas di bagian tenggorokan. Kondisi naiknya asam lambung biasanya di sebabkan akibat tubuh dalam keadaan terlentang sementara perut atau lambung masih terisi penuh makanan. Sehingga sistem pencernaan yang mencoba mencerna makanan tersebut akan memicu asam lambung menjadi meningkat.

  1. Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pada saat puasa, mereka yang tidak mengontrol pola konsumsi dan jenis makanan yang mereka konsumsi akan mengalami kenaikan berat tubuh. Selain itu, akibat tidur setelah sahur juga memicu meningkatkan berat badan karena pada saat berbaring tidak semua makanan daat terproses dengan sempurna, sehingga menjadi timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak saat puasa juga menjadi penyebab berat anda meningkat selama puasa.

Selain memicu terjadi gangguan sistem pencernaan akibat tidak bisa maksimal mencerna makanan dala tubuh, tidur setelah sahur juga dapat mengakibatkan banyak penyakit berbahaya seperti contohnya pada bahaya di atas. Selain itu, tidur setelah makan juga dapat membuat perut anda buncit akibat timbunan lemak di dalamnya. Kadar lemak yang terlalu banyak dalam tubuh juga mampu mengakibatkan kolesterol, obesitas dan penyakit jantung. Jadi agar terhindar dari masalah dan bahaya kesehatan, sebaiknya ketika selesai sahur luangkan waktu untuk duduk sejenak dan memberi kesempatan makanan yang anda konsumsi masuk sempurna ke dalam sistem pencernaan.

Dengan demikian, maka sistem pencernaan akan lebih mudah memproses makanan tersebut. Dan sebaiknya, setelah selesai sahur hendaknya anda melakukan ibadah shalat subuh baru kemudian jika memang masih terasa kantuk silahkan anda tidur kembali. Dan pastikan jangan bangun hingga siang hari, pasalnya tidur hingga siang juga tidak baik bagi kesehatan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: