Hard Disk “Super” Bisa Bertahan Sampai 10 Juta Tahun

Hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang paling penting. Karena tanpa adanya hard disk, sebuah komputer tidak bisa dipakai karena tidak adanya media penyimpanan untuk menyimpan file atau pada tahap yang paling dasar adalah untuk menyimpan sistem operasi. Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, teknologi hard disk semakin dikembangkan untuk mendapatkan sebuah hard disk yang berkecepatan tinggi dan juga mempunyai masa pakai yang lebih panjang.

Sebagaimana hard disk yang banyak tersedia saat ini, sebagian besar hard disk dengan kualitas yang bagus bisa dipakai selama bertahun-tahun lamanya sebelum benar-benar rusak. Setelah masa pakai tersebut habis maka komponen yang ada di dalamnya akan mulai mengalami kerusakan yang juga berakibat pada rusak atau hilangnya data-data yang tersimpan di dalamnya. Karena itu para ilmuwan sedang mengembangkan sebuah hard disk super yang mempunyai daya tahan untuk masa pakai yang sangat lama.

hard disk super

Hard disk super mampu bertahan hingga 10 juta tahun

Sebuah tim dari dinas pengendalian nuklir di Perancis, ANDRA telah berhasil membuat sebuah prototype hard disk yang diklaim mampu bertahan dalam kurun waktu yang sangat panjang yaitu hingga 10 juta tahun. Karena daya tahan atau masa hidup yang sangat panjang tersebut maka hard disk ini disebut sebagai sebuah hard disk super. Tujuan utama dari pembuatan hard disk super ini sebenarnya tidak hanya sebagai pengembangan teknologi saja, tetapi untuk sebuah tujuan khusus yang berkaitan dengan limbah nuklir yang ditangani oleh ANDRA.

Dengan adanya hard disk super tersebut, diharapkan orang-orang di masa depan yang kebetulan menemukan tempat pembuangan limbah nuklir tersebut bisa mendapatkan segala informasi yang berkaitan di dalam hard disk super itu, misalnya tata cara penanganan dan pengolahan limbah nuklir yang benar agar tidak membahayakan.

Keunikan hard disk super dari ANDRA

Bahan yang dipakai pada hard disk super ini memang tidak sembarangan, karena harus memakai komponen yang mampu betahan hingga jutaan tahun. Bahan utama yang dipakai untuk membuat hard disk super ini adalah safir dan perekaman data dilakukan melalui pahatan platinum. Piringan yang digunakan untuk menyimpan data terdiri dari dua buah dan diameter masing-masing piringan adalah 20 cm. Untuk membuatnya dibutuhkan biaya sebesar $25.000 atau sekitar Rp 230 juta. Perbedaan hard disk super ini bukan hanya pada bahan yang dipakai saja, tetapi juga metode yang dipakai untuk merekam data. Tidak menggunakan pola magnetik seperti hard disk pada umumnya,hard disk super ini akan memahat gambar yang berukuran sangat kecil untuk menyimpan suatu data. Sehingga jika di masa depan ada orang yang menemukan hard disk super itu tidak membutuhkan komputer untuk membacanya, namun cukup sebuah mikroskop.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: