Gejala dan tanda awal munculnya penyakit jantung

Gejala dan tanda awal penyakit jantung adalah sesuatu yang harus kita ketahui dan perhatikan secara pasti mengingat bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menyumbangkan jumlah kematian terbanyak diseluruh dunia. Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat dari kegagalan mekanisme fungsi dari organ jantung. jantung adalah sebuah organ yang berfungsi sebagai alat pemompa darah yang dapat mengalirkan darah keseluruh tubuh, jantung memiliki dua bilik dan dua serambi. Bilik dan serambi inilah yang bertugas memompakan darah ke seluruh tubuh. Mengingat pentingnya fungsi jantung untuk tubuh manusia, pengetahuan dini dari gejala dan tanda penyakit jantung sangatlah penting untuk menghindari resiko buruk dari penyakit jantung. Beberapa Gejala dan tanda awal datangnya penyakit jantung adalah sebagai berikut :

  1. Seringkali merasa nyeri dan sakit dibagian dada. Nyeri dada atau sering juga disebut angina adalah suatu kondisi dimana tedapat gangguan irama pada denyut jantung yang dapat mengakibatkan denyut jantung yang abnormal atau palpitasi, kelainan tersebut, dapat disebabkan karena kurangnya suplay darah yang kaya akan oksign ke dalam otot jantung.
  2. Sesak nafas. Sesak nafas juga dapat menjadi awal gejala dan tanda penyakit jantung, hal itu dikarenakan darah yang berasal dari paru – paru utidak dapat dipompa dengan lancar ke seluruh tubuh sehingga darah menumpuk di dalam pembuluh darah paru dan dapat masuk ke alveoli, sehingga terjadi pembesaran paru, yang mengakibatkan fungsi dari pau –paru akan terganggu dan mengakibatkan sesak nafas.
  3. Sering merasa mual dan ingin muntah. Mual dan muntah adalah salah satu gangguan pencernaan yang dapat diindikasikan sebagai gejala, tanda dari penyakit jantung. jika dilihat dari anatomi tubuh manusia, posisi atau letah antung memang berdekatan dengan letak dari organ saluran pencernaan. Ketika terjadinya penyakit jantung atau serangan jantug otot – otot darah akan mati ketika tidak mendapat pasokan darah.
  4. Sering merasa deg – degan atau berdebar – debar. Hal tersebut dapat disebabkan karena ketidak terauran dari irama denyut jantung.

Itulah beberapa gejala dan tanda awal dari penyakit jantung, tetapi tanda – tanda tersebut tidaklah mutlak menjadi tanda awal penyakit jantung karena gejala dan juga tanda dari penyakit jantung antara satu orang dengan orang lain berbeda. Tetapi tanda – tanda tersebut dapat anda jadikan acuan untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter. Karena otot – otot jantung tidak mengalami proses regenerasi, seperti halnya otot – otot laninnya maka tindakan sedini dan seawal mungkin untuk penyakit jantung sangatlah dibutuhkan unt7uk mencegah kematian.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: