Cara Merawat UPS Agar Lebih Awet

Cara merawat UPS tidak boleh sembarangan agar komponen yang ada di dalamnya bisa bertahan lebih lama sehingga mampu menunjang kebutuhan daya komputer. UPS yang merupakan singkatan dari Uninteruptable Power Supply ini sesuai namanya memang menghindarkan komputer dari “gangguan” yang berupa kehilangan daya saat terjadinya listrik padam. Saat listrik padam, komputer yang menggunakan UPS masih bisa bertahan selama beberapa menit sehingga bisa dimatikan secara normal agar tidak merusak komponen baik software maupun hardware.

cara merawat ups agar lebih awet
Berikut ini ada beberapa tips tentang cara merawat UPS yang benar agar tetap awet dan tahan lama:

  • Daya UPS
    Untuk cara merawat UPS yang pertama adalah berkaitan dengan beban daya yang ditanggung oleh sebuah UPS. Yang harus Anda perhatikan adalah kapasitas daya yang bisa dipenuhi oleh UPS yang biasanya tertera pada keterangan yang ditempelkan. Misalnya jika Anda mempunyai UPS dengan kapasitas daya 600 watt, maka beban yang Anda hubungkan dengan UPS seperti CPU, monitor, printer, dll harus tidak melebihi kapasitas maksimal tersebut.
  • Segera mematikan komputer
    Saat listrik padam, maka komputer yang dilengkapi UPS akan tetap menyala dengan cadangan daya yang tersimpan. Sebuah UPS rata-rata bisa memberikan daya selama 15 menit saja untuk seperangkat komputer.Namun sebaiknya Anda sesegera mungkin menyimpan pekerjaan dan mematikan komputer dengan cara normal yaitu melalui tombol shut down. Hal ini berkaitan dengan cara merawat UPS untuk menghindari daya yang ada di dalamnya benar-benar habis. Karena baterai UPS yang sering kosong akan menyebabkannya lebih cepat rusak.
  • Jeda waktu
    Berikan jeda waktu sekitar 1 menit saat mematikan dan kemudian menyalakan kembali UPS yang Anda pakai. Cara merawat UPS seperti ini akan menghindarkan terjadinya kerusakan komponen karena perpindahan arus listrik yang cepat.
  • Cabut stop kontak
    Saat sedang tidak digunakan sebaiknya cabut stop kontak untuk menghindari UPS terlalu panas.
  • Ganti baterai
    Cara merawat UPS yang terakhir adalah perhatikan jika saat terjadi listrik mati dan komputer Anda juga langsung mati, berarti baterai yang ada di dalam UPS telah rusak dan perlu diganti. Penggantian harus segera dilakukan karena baterai yang telah rusak bisa mengakibatkan arus listrik yang tidak stabil dan bisa mengganggu kinerja komputer.

Demikian beberapa tips mengenai cara merawat UPS agar bisa mendukung kinerja komputer Anda dengan baik.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: