Cara Mengubah Stuktur Dokumen Excel 2010 Yang Terproteksi

Excel adalah sebuah aplikasi pengolah angka milik Microsoft yang sudah sangat populer. Anda yang tiap harinya berkutat dengan aktivitas penghitungan dan pencatatan data, tentu familiar dengan aplikasi yang satu ini. Microsoft Excel juga hingga saat ini masih menjadi andalan oleh banyak kalangan untuk urusan pengelohan Angka. Seperti yang kita tahu, Microsoft Excel memiliki fitur proteksi untuk dokumennya . Terdapat beberapa pilihan proteksi file yaitu proteksi untuk membuka file, dan proteksi untuk mengubah struktur file. File excel yang diproteksi strukturnya, artinya user dapat membaca dokumen namun tidak dapat memodifikasi dokumen tersebut (read only).

struktur_dokumen_excel_2010.png

Dalam kesempatan ini, penulis akan berikan trik bagaimana menghilangkan proteksi struktur file Excel 2010 yang berekstensi .xlsx sehingga Anda dapat memodifikasi dokumen tersebut. Rahasianya, file xlsx merupakan file zip yang terkompress bersama dengan file XML. Itu berarti jika Anda mengubah file xlsx menjadi file zip, maka Anda bisa melihat sebuah file XML yang membangun file xlsx tersebut. Jika anda membuka file xlsx yang terproteksi, Anda tidak dapat memodifikasinya, dan beberapa fitur yang tersedia juga menjadi terkunci. Anda tidak dapat menyembunyikan sheet, menambahkan sheet, menghapus tab,ataupun melakukan perubahan apapun terhadap struktur file.

dokumen excel 2010 yang terproteksi

Bagaimana menghilangkan proteksinya ? Ikuti cara berikut ini :

  • Ganti ekstensi file xlsx menjadi zip seperti contoh berikut
    exstensi xlsx
  • Kemudian extract file zip tersebut, maka semua filenya akan muncul seperti berikut
    extract file zip
  • Masuk ke folder “xl” dan cari file “workbook.xml” , kemudian buka file tersebut dengan XML editor. Bila tidak ada, gunakan saja Notepad.
  • Cari kode berikut, kemudian hapus:
    <workbookProtection lockStructure="1" />
  • Setelah itu, save kembali file workbook.xml tersebut.
  • Sekararang, simpan file workbook.xml yang baru ini kedalam file zip tadi yang belum diekstrak. (Untuk menggantikan file workbook.xml lama dengan yang baru)
  • Bila selesai, tinggal Anda ganti kembali ektensi zip tersebut menjadi xlsx
    ganti ekstensi menjadi xlsx
  • Coba buka file xlsx tersebut , lalu lihat hasilnya. Dokumen sudah bisa dimodifikasi strukturnya dan beberapa fitur sudah tidak terkunci lagi
    cara menghilangkan proteksi file xlsx

Catatan :

  1. Anda tidak dapat melakukan trik ini pada dokumen excel dengan ekstensi xls
  2. Segala password yang Anda baca pada file XML , bukanlah password sebenarnya

Nah itu dia cara menghilangkan proteksi file xlsx yang tidak dapat dimofikiasi strukturnya. Selamat mencoba !

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: