Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Cara mengobati batuk berdahak banyak dicari oleh orang, karena sekarang ini virus terdapat dimana-mana. Tidak heran bila banyak orang yang gampang sekali terinfeksi virus, karena cuaca dan iklim yang semakin ekstrim. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, ada baiknya kita membentengi tubuh dari ancaman virus supaya tidak gampang sakit. Batuk berdahak adalah penyakit  yang sangat umum diderita oleh masyarakat luas. Yang perlu diperhatikan yaitu menangani batuk berdahak beda dengan cara menangani batuk kering. cara mengobati batuk berdahak secara alami

Orang yang menderita batuk kering tidak dapat disembuhkan oleh obat batuk berdahak, begitu juga sebaliknya. Pada pertemuan kali ini akan di ulas mengenai cara mengobati batuk berdahak secara tradisonal atau alami. Berikut penjelasannya :

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Belimbing Wuluh

Cara mengobati batuk berdahak herbal yang pertama yaitu belimbing wuluh. Siapa yang tidak kenal dengan belimbing wuluh. Belimbing wuluh adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Ternyata buah yang satu ini juga berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak. Yang dipakai untuk pengobatan batuk berdahak ini yaitu bagian bunganya. Caranya yaitu :

Siapkan 1 mangkok kecil bunga belimbing wuluh, lalu campurkan bersama beberapa butir adas. Anda juga dapat mencampur gula dan 1 gelas air hangat. Setelah semua bahan berada didalam air hangat, tunggulah beberapa saat lalu tiriskan. Minumlah air yang sudah ditiriskan tadi secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Daun Sirih

Daun sirih sudah sangat terkenal manfaatnya untuk mengatasi masalah kewanitaan. Ternyata bukan hanya itu saja, daun sirih juga dapat dipakai untuk mengobati batuk berdahak. Meskipun mempunyai rasa yang tidak enak tetapi keampuhannya tidak perlu diragukan lagi. Caranya yaitu:

Siapakan 5 lembar daun sirih segar, lalu di cuci sampai bersih. Kemudian masukanlah ke dalam panci yang berisi 3 gelas air. Campurkan bahan tambahan lainnya, seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh dan kemukus. Rebuslah semua bahan diatas hingga mendidih dan air yang tersisa hanya setengahnya saja. Minumlah ramuan ini secara rutin 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan setiap minum.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah terbukti berkhasiat dapat mengatasi bermacam gangguan kesehatan. Salah satunya untuk mengobati batuk berdahak. Disamping itu buah yang satu ini sangat gampang ditemukan serta mudah untuk diracik. Cara mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis yaitu :

Siapkan 1 buah jeruk nipis, lalu belah menjadi 2 bagian. Peraslah jeruk nipis ini lalu simpan airnya di dalam cangkir, kemudian campurkan madu sekitar 3 sendok makan. Langkah selanjutnya tambahkan air sekitar 5 sendok makan. Aduklah semua bahan diatas hingga rata, lalu di tim selama 30 menit. Minumlah ramuan ini 2 kali  sehari dengan takaran 1 sendok makan sekali minum.

Teh Jahe

Cara mengobati batuk berdahak dengan bahan alami selanjutnya yaitu dengan teh jahe. Pada umumnya orang Indonesia mempunyai kebiasan meminum teh saat pagi atau malam hari. Bukan Indonesia saja bahkan di Jepang juga mempunyai kebiasaan atau tradisi yang sama dengan kita. Teh mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan. Untuk mengobati batuk berdahak anda dapat mencampur teh ini dengan jahe. Caranya yaitu :

Siapkan satu bongkah jahe ukuran sedang, lalu dicuci bersih. Kemudian  bakarlah jahe tersebut hingga mengeluarkan aroma wangi. Lalu geprek jahe yang sudah dibakar tadi. Selanjutnya seduhlah kedalam air panas bersama gula dan teh. Minumlah ramuan ini secara rutin pagi dan malam hari.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk pengobatan batuk berdahak. Caranya yaitu :

Siapkan 1 bongkah kunyit ukuran sedang, lalu dikupas dan cuci hingga bersih. Parutlah kunyit tersebut dan peras untuk mengeluarkan airnya. Nah, air perasan kunyit ini kemudian dicampur dengan 1 sendok makan madu. Anda juga dapat menambahkan 1 gelas susu. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari saat pagi dan malam hari.

Madu dan Lada Putih

Untuk mengobati batuk berdahak anda dapat memanfaatkan campuran madu dan lada putih. Cara mengobati batuk berdahak dengan madu yaitu :

Sediakan 1/2 sendok teh lada putih, lalu campurkan ke dalam air teh yang sudah dicampuri madu. Minumlah ramuan ini secara rutin saat pagi dan malam hari. Lada putih ini sudah terbukti ampuh untuk mengencerkan dahak di tenggorokan, sehingga mudah untuk di buang keluar.

Demikianlah beberapa cara mengobati batuk berdahak yang dapat anda coba di rumah. Bila cara di atas belum membuahkan hasil, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter, karena kemungkinan batuk yang sedang anda alami bukan batuk biasa, tetapi karena penyakit tertentu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: