Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa dengan Mudah

Selain sebagai bentuk ibadah dan ketaatan hamba terhadap perintah sang khalik, Puasa sejatinya bukan untuk membuat tubuh anda mengalami penyakit, para ahli telah membuktikan bahwa puasa mampu menyehatkan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun terkadang kondisi puasa yang dilakukan dengan tidak sehat akan mengakibatkan beragam masalah kesehatan, salah satunya adalah sembelit. Layaknya sudah menjadi tradisi, saat puasa orang cenderung mengalami perubahan pola konsumsi karena tersedianya beragam jenis makanan yang disantap pada saat sahur dan berbuka. Keberagaman tersebut ternyata dapat mengganggu sistem pencernaan dan mengakibatkan tubuh mengalami kesusahan buang air besar. Sembelit Saat Puasa

Secara normal, tubuh mengalami pembuangan sisa makanan minimal satu kali dalam sehari, tergantung dari kebiasaan tubuh seseorang. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kelancaran proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh. Pada saat puasa tubuh benar-benar akan terisi oleh beragam makanan yang terkadang tidak begitu diperhatikan oleh mereka yang mengonsumsinya, pasalnya setelah seharian perut dalam kondisi kosong, maka segala jenis makanan akan langsung mereka konsumsi agar rasa lapar biasa segera hilang dan terkadang dalam takaran dan porsi yang berlebih. Jenis makanan saat puasa biasanya sarat kandungan yang tidak baik untuk tubuh seperti lemak, kolesterol dan lain sebagainya. Kurangnya nutrisi yang baik di dalam makanan yang dikonsumsi juga akan memperburuk kondisi pencernaan tubuh. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh mengalami gangguan dan menjadi tidak normal.

Dalam kondisi ini, hal paling sering yang akan di alami adalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Tubuh yang mengalami sembelit akan sangat mengganggu kesehatan. Selain menjadikan perut buncit, sembelit juga dapat memicu timbunan penyakit berbahaya dalam tubuh. Untuk menghindari sembelit saat sedang berpuasa, ada beberapa tips yang harus anda lakukan saat buka, sahur atau selama sedang menjalankan puasa. Dan berikut tips dan cara mengatasi sembelit saat berpuasa.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Salah satu penyebab utama sembelit saat puasa adalah karena tubuh kekurangan serat. Makanan yang anda konsumsi saat buka dan sahur biasanya minim kandungan serat di dalamnya, sehingga makanan-makanan tersebut menjadi pemicu kelainan fungsi pencernaan. Jadi sebaiknya perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi pada saat sahur dan buka puasa. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian serta jenis makanan berserat lain yang juga harusnya menjadi menu buka dan saur anda selama berpuasa.

  1. Lengkapi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain kekurangan serat, penyebab sembelit yang sering terjadi adalah akibat kekurangan cairan. Tak heran jika tubuh mengalami kekurangan cairan selama berpuasa, pasalnya saat puasa tubuh hanya terisi cairan pada saat sahur dan berbuka saja. Penting rasanya untuk menyeimbangkan konsumsi cairan pada saat sahur dan buka puasa, pasalnya dengan terpenuhi cairan dalam tubuh maka kemungkinan mengalami masalah gangguan pencernaan menjadi sangat minim. Untuk cara mengatasi kekurangan cairan tersebut anda bisa mengatur dan menyesuaikan jumlah asupan cairan pada saat sahur dan buka puasa yakni dengan tetap mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi 4 gelas air putih pada saat sahur dan kemudian memperbanyaknya pada saat setelah berbuka puasa. Selain itu, anda juga bisa memperbanyak konsumsi air putih pada malam setelah buka puasa. Selain terhindar dari sembelit, terpenuhinya asupan cairan juga mampu mencegah dehidrasi.

  1. Jangan Melewatkan Sahur

Kebiasaan meninggalkan sahur saat puasa selain membuat tubuh lemas saat puasa juga memicu terjadinya sembelit. Pasalnya ketika anda tidak sahur maka secara otomatis anda hanya akan makan 1 atau dua kali saja pada saat berbuka dan malam harinya. Dengan demikian tubuh tentu akan mengalami kekurangan nutrisi atau serat serta cairan yang dapat memicu masalah pada pencernaan.

  1. Rutin BAB

Ketika tubuh mengalami sembelit itu artinya durasi buang air besar menjadi berkurang. Padahal dalam kondisi normal tubuh memerlukan minimal 1 kali buang air besar guna melancarkan proses pencernaan. Jadi sebaiknya atur dan rutinkan jadwal buang air besar anda, dan jangan pernah menahan BAB terlalu lama, karena hal itu dapat memicu terjadinya sembelit dan kelainan sistem pencernaan dalam tubuh.

Dengan melakukan tips dan cara di atas, maka bisa dipastikan masalah sembelit tidak akan anda alami selama menjalankan ibadah puasa. Selain 4 cara di atas, jenisĀ  makanan yang anda konsumsi adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan. Pasalnya dengan makanan yang mengandung kecukupan nutrisi di dalamnya selain memperlancar pencernaan juga semakin menambah stamina dan kebugaran anda saat berpuasa.

Jadi meskipun puasa, anda tetap tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan yang hanya mementingkan rasa kenyang saja, namun kandungan di dalam makanan yang anda konsumsi juga sangat perlu untuk diperhatikan guna menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh saat berpuasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: