Cara Memperbaiki Komputer Lambat Dengan Trik Mudah

Cara memperbaiki komputer lambat sangat penting untuk Anda pelajari agar tidak lagi dibuat jengkel karena proses komputer yang sangat lama. Komputer sebagai perangkat yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari memang sangat diperlukan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Pasti banyak diantara Anda yang sering kesal dan jengkel karena pekerjaan yang harus segera diselesaikan menjadi terhambat karena komputer yang lambat atau sering disebut lemot dan lelet. Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat atau lemot, karena itu cara memperbaiki komputer lambat juga beragam tergantung dari jenis penyebabnya.

cara memperbaiki komputer lambat

Untuk cara memperbaiki komputer lambat secara lengkap bisa langsung Anda baca di bawah ini :

  • Biasanya komputer menjadi lambat karena terlalu banyaknya memori yang dipakai oleh sebuah aplikasi sehingga pemrosesan aplikasi lainnya menjadi terhambat. Untuk mengatasinya, Anda bisa masuk ke Task Manager dengan cara menekan kombinasi tombol pada keyboard Ctrl Alt Del. Kemudian klik pada tab “Process” dan cari aplikasi yang menggunakan memori paling besar. Jika aplikasi tersebut tidak sedang dibutuhkan maka Anda bisa mematikannya dengan menekan tombol “End process” yang ada di bagian bawah.
  • Manfaatkan sebuah aplikasi yang bernama CCleaner untuk membersihkan berbagai “sampah” yang ada di dalam komputer. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis dan lebih ampuh daripada disk cleaner bawaan Windows. Karena aplikasi ini akan menghapus berbagai file yang tidak dibutuhkan lagi oleh sistem, misalnya file temporary, cookies browser, cache dan beberapa jenis file lainnya. Penumpukan file ini juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer lambat.
  • Lakukan “Disk Defragment” untuk menata susunan penyimpanan file di dalam hardisk. Sistem operasi Windows menyimpan file secara acak pada hardisk, sehingga tidak jarang satu buah file akan disimpan dalam beberapa “potongan” di lokasi yang berbeda. Hal inilah yang biasanya menyebabkan komputer lambat dalam membuka sebuah file. Caranya adalah dengan cara klik kanan pada salah satu drive, misalnya drive “D” lalu pilih Properties. Selanjutnya masuk ke tab Tools dan klik “Defragment now” lalu klik “Defragment”, tunggu hingga proses selesai. Setelah proses ini selesai maka potongan file yang menyebar akan berkurang dan membuat loading file lebih cepat.

Beberapa cara memperbaiki komputer lambat dengan trik mudah diatas bisa langsung Anda praktekkan agar komputer menjadi lebih cepat dan tidak membuat kesal lagi.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: