Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas Dengan Terapi Musik

Pada zaman sekarang ini musik sudah menjadi suatu kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Selain dapat digunakan untuk menghibur, ternyata terapi musik juga bermanfaat sebagai alat untuk menstimuli otak anak bahkan sejak masih dalam kandungan. Stimuli sangatlah penting untuk merangsang perkembangan otak anak untuk memperkenalkan sesuatu sehingga sangat berperan penting dalam tingkat kecerdasan seorang anak karena stimulasi dapat meningkatkan fungsi dari saraf sensorik, motorik, emotional, kreatifitas, sosial dan masih banyak lagi. Menurut penelitian, sel–sel otak pada manusia sudah terbentuk sejak manusia tersebut masih dalam bentuk janin dan dimulai sekitar waktu 6 bulan masa kehamilan, karenanya sangat baik jika melakukan terapi musik sejak usia janin masih dalam waktu sekitar 23 minggu, semakin awal proses stimuli dengan terapi musik yang dilakukan maka semakin besar pula manfaat yang dapat dirasakan. Adapun manfaat yang dapat dirasakan oleh wanita hamil dan janinnya dengan melakukan terapi musik.

Manfaat untuk janin yang dikandung

  1. Dengan  stimuli yang diberikan dari terapi musi ini dapat memberikan bekal untuk anak kita ketika menghadapi dunia luar terutama menghadapi era sekarang karena pada masa sekarang keterampilan otak akan lebih dibutuhkan dibandingkan degan kekuatan otak.
  2. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang pada masa kehamilannya sering didengarkan musik maka perkembangan bahasa serta daya memori pada anak tersebut lebih kuat dibandingkan dengan seseorang yang dimasa kehamilannya tidak didengarkan musik sama sekali.
  3. Dengan terbiasa mendengarkan musik, maka dapat menumbuhkan kepribadian yang peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Manfaat untuk ibu hamil

  1. Terapi musik dapat menimbulkan reaksi psikologis dari ibu hamil karena musik memberikan rasa tenang dan nyaman. Sehingga tidak mudah emosi
  2. Musik juga dapat membantu proses persalinan karena musik dapat membantu perasaan rileks bagi seseorang sehingga proses kelahiran akan lebih lancar dibandingkan seorang ibu yang melahirkan dalam keadaan cemas dan strees.
  3. Musik juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada proses persalinan.

 Cara yang dapat anda gunakan sebagai terapi musik untuk janin anda adalah sebagai berikut:

  1. Tidak semua musik dapat digunakan untuk dijadikan sebagai alat terapi salah satu musik yang dapat digunakan adalah jenis musik klasik. Karena musik klasik merupakan jenis musik yang dapat membuat orang yang mendengarnya merasa tenang dan nyaman. Cara yang dapat digunakan adalah tempelkan headphone yang telah disambungkan dengan sumber musik dengan ukuran volume sedang kemudian tempelkan ke perut
  2. Mengajak bicara pada pada janin juga dapat digunakan sebagai terapi musik, karena setiap suara atau perkataan yang kita keluarkan akan membentuk sebuah nada.
  3. Sering seringlah membacakan cerita kepada janin yang anda kandung.

Itulah tadi beberapa manfaat dari terapi musik untuk janin anda agar kelak janin anda menjadi anak yang cerdas. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: