Cara Backup dan Restore Registry Windows Dengan Mudah Tanpa Software

Cara backup dan restore registry Windows bisa Anda pelajari agar suatu saat komputer mengalami masalah maka bisa langsung diperbaiki dengan mudah. Registry merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem operasi Windows. Di dalam registry ini tersimpan berbagai pengaturan dan konfigurasi dari beragam aplikasi dan sistem yang berjalan di dalam sistem operasi Windows. Karena itulah jika terjadi perubahan sekecil apapun maka akan langsung berpengaruh terhadap sebuah fungsi Windows maupun fitur sebuah aplikasi.

cara backup dan restore registry

Agar setting dan pengaturan Windows di komputer Anda bisa dikembalikan ke kondisi terbaiknya saat sedang mengalami masalah, maka perlu dilakukan backup terlebih dahulu. File registry yang telah di-backup bisa dijadikan sebagai “cadangan” untuk mengembalikan pengaturan dan nilai yang ada di dalam registry seperti semula sebelum terjadi masalah. Untuk cara backup dan restore registry bisa langsung Anda simak di bawah ini.

Cara backup registry Windows

  • Buka “Registry Editor” bawaan Windows dengan cara klik pada tombol Start > Run lalu ketikkan perintah “regedit”, ketikkan tanpa menggunakan tanda petik dua. Setelah itu klik tombol “OK” atau tekan Enter.
  • Kemudian akan muncul jendela baru yang menampilkan semua entri yang ada di dalam registry Windows. Selanjutnya pilihlah nilai yang akan Anda backup lalu klik kanan dan pilih “Export”.
  • Lalu akan muncul jendela baru untuk menentukan lokasi penyimpanan dari file backup registry tersebut. Beri nama lalu simpan dengan klik tombol “Save”.

Hanya dengan tiga langkah cara backup registry Windows diatas Anda sudah mempunyai file yang bisa digunakan untuk mengembalikan nilai dari entry registry bila suatu saat terjadi masalah. Kemudian selanjutnya adalah cara restore registry Windows yang sebelumnya sudah di-backup. Cara backup dan restore registry memang menjadi kesatuan yang penting dalam mengantisipasi perubahan nilai registry yang dapat mengacaukan sebuah fitur yang ada pada Windows atau aplikasi.

Cara restore registry Windows

  • Masuklah ke Windows Explorer untuk mencari file backup registry yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Klik kanan file tersebut lalu pilih “Merge” dan klik “Yes” pada jendela konfirmasi yang muncul. Maka nilai yang ada dalam file tersebut akan langsung masuk ke dalam registry sesuai dengan kelompok entrinya.

Sangat mudah bukan cara backup dan restore registry?

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!