Cara Agar Komputer Menyapa Anda Setiap Kali Dinyalakan

Anda suka menonton film ? Anda mungkin pernah melihat fim yang memperlihatkan bagaimana komputer menyebut  nama pemakainnya saat komputer tersebut dinyalakan. Bagi orang awam, hal seperti itu mungkin akan dianggap hebat dan canggih, namun sebenarnya tak secanggih yang dibayangkan. Hanya dengan beberapa langkah mudah, maka anda pun bisa membuat komputer menyapa dan menyebut nama Anda setiap kali dinyalakan layaknya komputer yang ada di film.

Dalam tutorial ini, penulis punya cara sederhana membuat program yang fungsinya agar komputer menyebut nama Anda setiap kali dihidupkan. Tanpa perlu menguasai bahasa pemograman yang rumit,dan tanpa menggunakan software tambahan lagi anda bisa membuat komputer Anda menyapa dengan kalimat apapun yang Anda inginkan seperti “Hi Username, Selamat datang di komputer kesayanganmu”. Menarik bukan ? Nah, jika anda ingin mencobanya,  tanpa basa basi ikuti langkah berikut ini untuk mempraktekannya:

  • Jalankan Notepad
  • Kemudian ketik kode seperti berikut ini
    Dim speaks, speech
    speaks="Hi  Username , selamat datang di komputer kesayanganmu"
    Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
    speech.Speak speaks
  • Ganti tulisan Username pada kode diatas dengan nama Anda.
    komputer_menyapa.jpg
  • Selanjutnya save file itu, caranya klik File > Save As > dan pada Save as Type option pilih All Types , kemudian save filenya dengan nama Sambutan.vbs
  • Setelah file tersebut tersimpan, kemudian salin file tersebut ke direktori C:\Users\ {User-Name}\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup  (Jika C : adalah drive sistem Anda, maka folder AppData adalah hidden folder. Untuk itu Anda perlu memunculkannya dengan memilih “showing hidden files, folders, and drives”  pada Folder options.

    menyapa_setiap_kali_dinyalakan.jpg

Dan sekarang, saat anda menghidupkan kembali komputer Anda berikutnya akan ada pesan suara sesuai yang Anda tulis dikode diatas. Silahkan Anda coba  sendiri trik sederhana ini. Mungkin cukup menghibur apabila anda menyalakan komputer Anda didepan banyak sahabat. Komputer Anda akan tampil beda dengan yang lain tentunya.

Catatan: Untuk hasil terbaik, anda sebaiknya merubah sound scheme menjadi No Sounds. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Control panel dan masuk ke pengaturan Audio. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: