Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Siapa bilang seorang mahasiswa hanya bisa mengandalkan dana dari orang tua? Saat ini banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang aktif dalam berbisnis. Seorang mahasiswa tentu memiliki kebutuhan yang tidak sedikit yang artinya harus memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Terkadang dana yang diberikan oleh orang tua setiap bulannya tidak mampu menutupi kebutuhan-kebutuhan mahasiswa itu sendiri. Mencari dana tambahan merupakan solusi yang paling baik. Dengan mengasah ide kreatif, maka anda dapat dengan mudah menangkap peluang bisnis. Maka tak heran bila kini banyak mahasiswa yang berusaha menggali potensi bisnis untuk menjalankan peluang usaha sebagai usaha sampingan mereka dalam menghasilkan uang.

bisnis kreatif untuk mahasiswa

Berikut beberapa bisnis kreatif yang dapat dilakukan mahasiswa untuk dapat menghasilkan uang meskipun masih dalam masa kuliah.

  • Membuat Pernak-Pernik (Handmade)
    Pekerjaan ini sangat cocok sekali bagi Anda yang kreatif. Biasanya pekerjaan ini sangat diminati para mahasiswi. Anda bisa membuat gelang, kuciran rambut, kalung, gantungan kunci, tempat pensil, dompet, dan lain-lain yang terbuat dari manic-manik atau kain flannel.
  • Bisnis Online
    Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller suatu produk atau memanfaatkan blog Anda. Cukup dengan memanfaatkan komputer dan koneksi internet, Anda sudah dapat menjalankan bisnis ini.
  • Bisnis di bidang Event Organizer
    Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok bagi mahasiswa yang aktif di kepanitiaan dan organisasi karena mereka telah mendapat sejumlah pengalaman mengenai bagaimana membuat suatu acara. Bisnis ini juga membutuhkan relasi yang kuat sehingga dapat dengan mudah berkembang.
  • Jasa Fotokopi
    Biasanya diawal semester, mahasiswa sering diberikan materi atau bahan kuliah yang tebal oleh para dosennya untuk difotokopi. Anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai suatu peluang bisnis. Cara memulainya, Anda dapat menawarkan diri pada teman sekelas Anda untuk menitipkan bahan kuliah yang akan difotokopi kepada Anda. Sehingga teman Anda hanya terima jadi. Hasil yang aakan Anda dapatkan memang tidak terlalu besar, Karena Anda hanya mengeruk sedikit uang sebagai komisi dari jasa ini. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.
  • Menjual Pulsa Elektrik
    Dengan kemajuan teknologi dan komunikasi pada masa sekarang ini, semua orang pasti memiliki ponsel sebagai media komunikasi yang praktis. Dengan melihat kondisi seperti Anda, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Cukup bermodalkan sebuah ponsel dan modal uang seratus ribu rupiah, Anda sudah dapat memulai usaha ini. Jangan lupa untuk memberitahu teman Anda bila Anda sekarang sedang melakukan usaha ini.
  • Penerjemah
    Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang kuliah dibidang sastra dan bahasa. Anda dapat mengasah kemampuan Anda dalam berbahasa dengan menjadi penerjemah bagi orang lain. Hasil yang didapatkan pun terbilang lumayan.
  • Drafter
    Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang kuliah di jurusan arsitek. Anda dapat menunjukkan potensi dan kemampuan Anda sebagai drafter yang handal kepada para senior Anda yang sedang mengerjakan laporan dan tugas akhir. Keuntungan yang didapatkan pun dapat bervariasi tergantung kesepakatan bersama.
  • Salesman/Salesgirl
    Usaha ini cocok untuk Anda yang memiliki relasi atau kerabat yang memiliki usaha. Sehingga Anda dapat membantu mereka dalam mengenalkan produk dagangannya ke khalayak ramai. Keuntungannya pun terbilang lumayan. Selain itu dengan pekerjaan ini Anda akan bertemu lebih banyak orang sehingga dapat menambah lebih banyak relasi Anda.
Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: