Berbagai Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak sangat banyak khususnya untuk kesehatan tubuh manusia dari mulai penyakit yang sederhana hingga penyakit yang sudah kronis bahkan temulawak ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Jika anda mencari temulawak, di Indonesia ini cukup mudah karena temulawak ini cukup mudah tumbuh di Tanah Indonesia yang subur dan memang merupakan tanaman asli Indonesia yang menyebar hingga hampir seluruh negara di Asia Tenggara. Berbagai Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Nama latin dari temulawak adalah curcuma xanthorrhiza merupakan obat temu temuan yang biasanya digunakan untuk bahan dasar obat herbal. Selain dimanfaatkan untuk obat herbal, temulawak ini juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman obat tapi yang lebih baik lagi langsung anda ambil dari temulawak yang baru anda panen dan masih segar.

Besarnya manfaat yang terdapat pada temulawak untuk kesehatan tubuh manusia tidak terlepas dari kandungan senyawa atau kandungan zat zat yang terkandung di dalam temulawak tersebut seperti yang tertera berikut ini :

  • Pati 48.18% – 59.64%
  • Protein 29.00% – 30.00%
  • Abu 5.26% – 7.07%
  • Serat 2.58% – 4.83%
  • Kurkumin 1.60% – 2.20%
  • Minyak Atsiri 6.00% – 10.00%
  • Phelandren –
  • Kamfer –
  • Turmerol –
  • Borneol –
  • Sineal –
  • Xanthorrhizol –

Senyawa senyawa yang terkandung pada temulawak seperti yang tertera di atas memiliki khasiat yang sangat luar biasa khususnya untuk tubuh jika anda rajin melakukannya. Contohnya seperti pati, pati ini memiliki khasiat untuk membantu melancarkan proses metabolisme. Kandungan serat seperti yang kita tahu sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kebugaran. Kurkum, mampu melancarkan proses pencernaan dan minyak asiri yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pada ginjal. Untuk bahan bahan lainnya seperti Phelandren, Kamfer, Turmerol, Borneol, Sineal dan Xanthorrhizol jumlah kandungannya disesuaikan dengan kondisi temulawak itu sendiri.

Manfaat Temulawak khususnya untuk kesehatan tubuh manusia secara garis besar dan yang sangat terasa terutama untuk mengobati penyakit berikut ini :

Atasi Sakit Maag

Temulawak ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit maag dengan segera, caranya sangat mudah hanya dengan menyiapkan satu rimpang temulawak kemudian anda bersihkan dan iris tipis kemudian masukan ke dalam air sebanyak 5 gelas, rebus. Jika rebusan telah mendidih, angkat dan minum satu gelas setiap harinya. Anda dapat menambahkan madu untuk penambah rasa manis dari rebusan temulawak ini.

Hilangkan Jerawat

Jerawat akan mudah dan akan segera dihilangkan dengan temulawak ini hanya membutuhkan satu jari temulawak kemudian anda cuci dan kupas. Setelah dikupas, anda memarkan dengan cara digeprek atau dipukul pukul menggunakan pemukul kayu, rebus dengan menggunakan 4 gelas air dan tunggu hingga sisanya setengah atau 2 gelas untuk dikonsumsi siang hari 1 gelas dan sore hari 1 gelas di hari yang sama.

Atasi Gangguan Ginjal

Jika anda mengalami gangguan ginjal, anda dapat memanfaatkan temulawak ini untuk segera menyembuhkannya atau pendamping obat dokter yang sedang anda konsumsi. Pilih 2 rimpang temulawak yang masih segar, campurkan kumis kucing satu genggam saja, tambahkan daun mineran satu genggam juga dan gula batu secukupnya. Setelah bahan bahan bersih, temulawak dirajang hingga tipis dan masukan semua bahan ke dalam panci telah terisi air sebanyak 1000 ml rebus hingga mencapai jumlah air setengahnya. Angkat, saring dan konsumsi satu gelas setiap sekali minum.

Tentunya masih banyak lagi Manfaat Temulawak untuk kesehatan ini dan anda pantas untuk mencobanya sekedar pemulih kesehatan atau bahkan pembantu penyembuhan penyakit yang anda derita.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: