Apa yang Harus dilakukan Setelah Melahirkan?

Dokter menyarankan bahwa 24 jam setelah melahirkan adalah untuk beristirahat, mengamati aliran darah di sekitar alat vital (V), melakukan kebersihan di sekitar alat vital (V) dan buang air kecil. Berikut adalah beberapa hal dan aktivitas yang harus anda lakukan setelah melalui proses melahirkan: Apa yang harus dilakukan setelah melahirkan

Bersantai

Proses  melahirkan menguras banyak energi dan tentaga, sehingga setelah melahirkan hal yang paling penting adalah beristirahat untuk memulihkan diri. Selain itu, dibutuhkan setidaknya 3-4 jam per hari untuk menyusui, perempuan harus mengganti popok, dan sering membujuk anak menangis untuk bangun. Jadi segera setelah melahirkan Ibu harus berusaha untuk beristirahat sebanyak mungkin.

Menyusui

Ini adalah pekerjaan yang diperlukan untuk membentuk refleks menyusui dan mempromosikan tubuh untuk memproduksi lebih banyak susu. Secara khusus, susu pertama keluar dari tubuh disebut kolostrum yang sangat bergizi dan baik untuk tubuh bayi. Di dalam kolostrum mengandung banyak antibodi, membantu anak-anak menghindari bahaya bakteri berbahaya, mengurangi risiko penyakit pada bayi. Selain itu, menyusui setelah melahirkan juga bekerja untuk membantu rahim wanita menyusut kembali normal seperti sebelum hamil.

Dokter kandungan mengatakan bahwa setiap kali menyusui harus berlangsung selama 5-10 menit. Waktu dan frekuensi menyusui dapat meningkatkan tergantung pada jumlah produksi susu dan sisi permintaan, serta kondisi anak.

Nutrisi Tambahan

Setelah bayi lahir, tubuh Anda menjadi lemah dan seringkali lebih lelah dari biasanya. Nutrisi tambahan harus diberikan kepada wanita setelah melahirkan seperti, sup rumput laut, beberapa sayuran  yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Ibu hamil juga harus makan banyak sayuran segar dan buah-buahan untuk menyerap vitamin. Untuk yang melakukan operasi caesar harus makan setelah 6-8 jam pasca operasi untuk menghindari efek samping dari obat bius.

Mengamati aliran darah di sekitar alat vital (V)

Perdarahan postpartum adalah salah satu penyebab dari shock, bahkan kematian bagi perempuan. Perdarahan postpartum biasanya disebabkan oleh beberapa alasan: lemah rahim, kehamilan plasenta, dan lesi vulva.

Jadi, dalam waktu 24 jam setelah melahirkan, perempuan harus memperhatikan jumlah darah di sekitar alat vital (V) yang muncul. Jika aliran darah hingga 500 ml, itu harus segera memberitahukan dokter untuk mengetahui pasti penyebabnya.

Aktivitas Fisik

Biasanya setelah 6-12 jam, wanita harus keluar dari tempat tidur dan berjalan perlahan dan lembut. Ini membantu kontraksi otot perut, mempromosikan rahim cepat kembali normal, dan mencegah kemungkinan batu ginjal.

Untuk secara bertahap menyesuaikan tubuh Anda, Anda juga bisa melakukan latihan ini bahkan ketika berbaring di tempat tidur. Seperti gerakan berikut: telentang, bernapas perlahan; gerakan dengan lembut otot leher, bahu, tangan, perut, kemudian kaki.

Memberhishkan alat vital (V)

Dalam waktu 24 jam setelah lahir, biasanya terjadi keputihan atau perdarahan. Oleh karena itu bagian pribadi harus dibersihkan. Saat di rumah sakit, para perawat dan mantri sering membersihkan area alat vital (V). Cukup ikuti petunjuk dari perawat rumah sakit untuk cara membersihkannya.

Saat membersihkan bagian pribadi, Anda melihat bagian alat vital (V) dan anus terjadi perubahan yang tidak wajar atau tidak. Jika demikian, harus segera memberitahu ke dokter untuk memeriksakan penyebabnya apakah karena peradangan, perdarahan atau alasan lain.

Buang air kecil yang cepat

4 jam setelah persalinan normal, wanita dapat dan harus buang air kecil.Selama proses melahirkan, kepala bayi menghadap ke bawah dan melakukan tekanan pada kandung kemih dan uretra, untuk memulihkan fungsi kandung kemih, sebisa mungkin segera buang air kecil. Jadi saran dari dokter bahwa perempuan harus minum banyak air dan buang air kecil segera setelah melahirkan.

Sekian itulah hal dan Apa yang harus dilakukan setelah melahirkan dalam waktu 24 jam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk ibu dan buah hati tercinta yang baru lahir.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: