Anggaran Biaya Bisnis Cuci Laundry Kiloan

Salah satu bisnis rumahan yang bisa Anda coba adalah usaha Cuci Laundry Kiloan. Usaha ini memiliki tingkat kesulitan yang kecil, sehingga siapapun bisa membuka usaha ini. Cukup dengan mesin cuci dan berbagai peralatan lainnya, maka Anda sudah bisa mulai beroperasi. Jika Anda berniat membuka bisnis rumahan cuci laundry kiloan dalam skala professional, maka Anda harus mengerti tentang anggaran biaya yang akan bergulir dalam usaha ini, agar bisa dilakukan evaluasi dan tidak menemui kerugian.

Dalam bisnis cuci laundry kiloan, beban biaya yang harus Anda keluarkan antara lain:

  1. Sumber daya manusia

    SDM yang akan digunakan terbagi ke dalam beberapa bagian, yaitu:

    • Delivery, yaitu orang yang bertugas untuk menjemput dan mengantarkan pesanan pakaian. Gaji yang harus disiapkan antara 700.000,- s/d 1.000.000,- perbulan. Besaran gaji disesuaikan dengan jumlah pesanan dan omzet bulanan yang Anda dapatkan.
    • Washing, yaitu orang yang bertugas untuk mengoperasikan mesin cuci dan memastikan pakaian bersih. Gajinya berkisar antara 400.000,- s/d 600.000,- perbulan.
    • Bagian Jemur, yaitu orang yang bertugas untuk menjemurkan pakaian yang telah dicuci. Gaji yang harus dibayarkan antara 400.000,- s/d 500.000,- perbulannya.
    • Administrasi, adalah orang yang bertugas mengarsipkan dan melakukan pencatatan transaksi yang terjadi di usaha cuci laundry kiloan. Mulai dari pencatatan pesanan, pencatatan pendapatan/omzet, pencatatan pengeluaran (beban biaya dan gaji karyawan) dan lain lain. Gaji yang dibayarkan antara 400.000,- s/d 600.000,- perbulannya

    Biaya biaya di atas hanya sebagai gambaran saja. Untuk fakta di lapangan, Anda bisa menyesuaikan dengan skala usaha dan kemungkinan pendapatan yang Anda dapatkan.

  2. Beban Biaya
    Selain SDM, jangan lupa juga untuk mengkalkulasikan pengeluaran biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik, telepon, sabun dan detergent, peralatan dan perlengkapan, kebutuhan karyawan, dan lain lain.

Setelah mengetahui pengeluaran apa saja yang akan Anda alami saat menjalani bisnis cuci laundry kiloan, maka informasi selanjutnya adalah tentang kemungkinan pendapatan yang akan Anda dapatkan.

Untuk masalah harga, ada perbedaan antara tiap jenis pakaian yang dicuci. Sebagai gambaran, harga yang bisa Anda tarif untuk pengguna jasa cuci laundry kiloan adalah sebagai berikut :

  • Pakaian sehari hari, tarif yang bisa diberikan sekitar Rp. 5000,- perkilo.
  • Pakaian sehari hari paket express (selesai dalam 24 jam), tarif yang bisa diberikan lebih mahal, yaitu Rp. 6000,- perkilo.
  • Boneka ukuran kecil, bisa ditarif Rp. 3000,-/buah dan boneka ukuran besar (jumbo), bisa ditarif Rp. 30.000.-/buah.
  • Bed cover, bisa ditarif Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,- tiap potongnya.
  • Tas, bisa ditarif Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- tiap piecesnya.
  • Karpet, bisa ditarif dengan harga Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- untuk tiap meter persegi.
  • Sepatu cats, bisa ditarif seharga Rp. 2.000,- s/d Rp. 5.000,- tiap pasangnya.
  • Jas, bisa ditarif Rp. 8.000 untuk tiap stelnya.
  • Jaket kulit, bisa ditarif Rp. 15.000,- untuk tiap potongnya, mengingat proses mencuci jaket kulit tidak bisa dilakukan sembarangan.

Semua harga harga di atas hanyalah sebagai gambaran saja. Untuk menentukan lebih pasti sebaiknya sesuaikan dengan harga pasaran yang berlaku di daerah Anda. Usahakan jangan terlalu mahal dan berikan layanan yang maksimal, agar usaha Anda banyak diminati konsumen.

Semoga informasi yang diberikan bisa menjadikan Anda lebih tahu tentang anggaran biaya yang harus dikeluarkan dan sumber pendapatan yang akan didapat dari bisnis cuci laundry kiloan. Semoga bermanfaat

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: