Aneka Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Buah semangka banyak peminatnya, selain rasanya yang manis, ternyata buah ini memiliki beragam manfaat di baliknya, terutama untuk kesehatan. Dari biji hingga kulit semangka, masing-masing memiliki manfaat tersendiri, mungkin Anda banyak yang masih belum tahu. Kandungan zat pada buah berwarna hijau ini juga sangat banyak, contohnya kalium, lisin, protein, silvit, dekstrosa, fruktosa, air, suksora, serat, karbohidrat, lemak, asam amino, vitamin asam malat, sirulin, arginin, asam fosfat, likopen, betain, bromine, natrium, fruktosa, sukrosa dan fruktosa. Aneka Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Buah semangka juga bisa dimakan oleh lebih dari 1 orang, karena memang ukuran dari buah ini cukup besar, dan daging buahnya juga cukup dimakan oleh lebih dari satu orang, jika satu orang saja yang memakannya sepertinya akan terlalu berlebihan. Anda dapat memperoleh buah semangka dengan cukup mudah, karena memang buah ini bukanlah buah import, walaupun ada juga yang impor, namun daerah dataran tinggi Indonesia juga bisa menanam buah ini. Ya, buah semangka memang dapat tumbuh pada cuaca yang dingin, dan dataran tinggi (pegunungan) merupakan daerah yang cocok untuk menanam jenis buah ini. Selain itu, untuk mendapatkan Manfaat Buah Semangka, Anda juga tak harus merogoh kocek terlalu banyak, karena harga buah semangka cukup terjangkau.

Manfaat Buah Semangka Kuning

Jika daging buah semangka biasanya berwarna merah, ternyata tidak semua, terdapat beberapa jenis semangka yang memiliki warna daging bukan merah melainkan kuning. Lalu, apa perbedaan manfaat dari buah semangka dengan daging berwarna kuning ini?

Buah semangka ini memiliki warna daging buah yang lain karena memang lain varietas, walaupun masih termasuk dalam buah semangka. Pada buah semangka kuning, terdapat senyawa Citrulline, di mana senyawa ini bisa membantu proses senyawa kimia di tubuh untuk menolong pembuluh darah supaya lebih rileks dan fleksibel. Manfaat kedua dari buah semangka kuning yaitu dapat membantu membuat jantung menjadi lebih sehat, dan sirkulasi darah menjadi lancar, karena kandungan senyawa asam amino dari semangka jenis ini.

Kegunaan Buah Semangka Untuk Anak

Anak-anak suka konsumsi makanan dan minuman yang manis, dan dibandingkan Anda memberikan permen atau makanan sejenis buatan pabrik lainnya kepada sang anak, lebih baik Anda memberikan buah semangka, selain natural juga menyehatkan dan memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan anak Anda. Apalagi bayi, bayi masih banyak yang belum tumbuh gigi, dan daging buah semangka yang empuk sangat direkomendasikan untuk diberikan pada bayi. Namun, pastikan biji semangkanya sudah dibuang, karena dapat berbahaya apabila tertelan bayi. Dan tentunya, semangka ini tidak dapat diberikan kepada bayi yang masih terlalu kecil umurnya (umur beberapa hari).

Buah semangka memiliki kandungan pigmen flavonoid yang bisa membantu meningkatkan antioksidan dan anti alergi juga pada tubuh anak Anda, sehingga anak Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, semangka pun bisa memberikan proteksi pada bahaya radikal bebas, di mana radikal bebas ini bisa merusak sel tubuh anak Anda. Apalagi, tubuh mereka masih kecil sehingga lebih rentan. Semangka juga dapat membantu mencegah anak-anak terserang sariawan, Anda tentu tahu jika anak sudah terserang sariawan, mereka akan sering menangis bahkan sulit makan, karena rasa perih yang diderita.

Demikianlah info tentang Manfaat Buah Semangka bagi orang dewasa dan anak, Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Salam sehat selalu!

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: