5 Peluang Usaha Rumahan yang Menggiurkan

Sekarang ini, dunia wirausaha telah banyak dipilih masyarakat dibanding bekerja di perusahaan. Tidak sedikit orang yang sukses di dalam wirausahanya. Bahkan ada program televisi yang menggiring penontonnya untuk menjadi wirausahawan.  Menjadi wirausahawan dipandang lebih baik dari pada bekerja pada orang lain. Sebenarnya, semua orang bisa menjadi wirausahawan. Hal yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi wirausahawan yaitu adanya keinginan untuk maju, jujur, ulet, dan pantang menyerah. Modal dasar inilah yang wajib dimiliki setiap orang yang mau terjun di dunia wirausaha. Namun, bukan hanya bermodalkan ini saja jika Anda ingin membuka usaha sendiri. Tentunya ada faktor lain yang akan mendukung, yaitu modal finansial.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang satu ini. Sekarang banyak kok peluang usaha dengan modal kecil. Dengan modal yang kecil ini tentu saja skalanya juga rumahan, bukan industri besar. Selain faktor modal, pemilihan jenis usaha juga penting. Pilihlah jenis usaha yang Anda sukai. Misalnya Anda hobi baca, maka usaha rumahan yang bisa Anda geluti adalah perpustakaan atau taman bacaan.

Bisnis rumahan jika dikelola dengan baik akan mendatangkan penghasila yang lumayan tinggi. Nah, kira-kira usaha rumahan apa saja ya yang bisa dicoba? Berikut jawabannya.

Usaha Kuliner

Anda hobi memasak? Jika ya, tunggu apalagi? Anda bisa segera mewujudkan mimpi Anda menjadi wirausahawan.  Sekarang ini, orang lebih memilih untuk membeli makanan yang siap saji ketimbang harus masak. Hal ini disebabkan oleh tidak sempatnya mereka memasak makanan karena kesibukan yang padat. Anda bisa membuat masakan kemasan yang tanpa bahan pengawet. Jangan lupa cantumkan izin depkes dan halal. Dengan adanya izin depkes dan halal, maka pembeli tidak akan ragu untuk membeli produk Anda.

Kerajinan Tangan

Bagi sebagian orang yang memiliki keahlian dalam kerajinan tangan, maka patut mempertimbangkan jenis usaha ini. Cobalah membuat kerajinan tangan misalnya membuat perhiasan dari manik-manik, membuat bros dari kain flanel, atau membuat pernak-pernik yang bisa dibuat untuk souvenir pernikahan. Cobalah pajang hasil karya Anda di internet. Foto hasil karya Anda, lalu pajang di website Anda sendiri atau toko online yang sudah terkenal.

Reseller Produk

Usaha reseller produk merupakan sebuah alternatif peluang usaha bagi mereka yang ingin memiliki bisnis yang menguntungkan, namun dengan modal minim. Biasanya, segmen yang menekuni bidang ini adalah para ibu rumah tangga. Dengan pertimbangan waktu yang fleksibel,tidak adanya tekanan, dan untung yang lumayan, membuat para ibu tergiuruntuk mencobanya. Peluang bisnis yang satu ini bisa mencakup produk jilbab, pakaian, tas, aksesories, kosmetik, obat herbal, dan lain-lain.

Jasa Laundry

Peluang usaha yang satu ini akan sangat menguntungkan jika tempat Anda berdekatan dengan kontrakan atau tempat kos. Biasanya, mahasiswa atau kaum bujang yang sudah bekerja namun belum menikah akan lebih memilih menggunakan jasa laundry daripada mencuci sendiri.  Selain padatnya aktivitas, kualitas dari laundry pun dirasa lebih daripada hasil cuci sendiri. Selain sudah dicuci, pakaian dari laundry pun sudah disetrika, sehingga lebih praktis.

Budidaya atau Ternak

Nah, untuk wirausaha yang satu inih, Anda mutlak harus memiliki keahlian atau setidaknya mengetahui ilmu-ilmunya. Sekarang ini banyak diadakan pelatihan-pelatihan budidaya atau ternak.  Jika Anda berminat wirausaha budidaya atau ternak, sebaiknya ikuti dulu pelatihannya. Memang, pelatihan ini membutuhkan biaya, tapi coba pikirkan hasilnya. Dengan mengetahui ilmunya, kita akan menekan peluang kegagalan. Dalam pelatihan ini pun Anda akan dibantu dalam perhitungan modal awal, hingga keuntungan yang bisa didapatkan.

Nah, sekarang peluang usaha mana yang cocok untuk Anda? Selamat berwirausaha.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: