VGA Card Sebagai Pemroses Grafis Pada Komputer

VGA card sebagai sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengolah grafis pada komputer selama ini dikenal dengan nama yang cukup beragam. Diantara variasi sebutan VGA card adalah graphic card, video card, video board, video adapter, video accelerator, video adapter, graphics adapter, display adapter, atau graphics accelerator. Namun meskipun mempunyai banyak nama namun yang paling sering dipakai adalah VGA card, baik sebutan dari vendor pembuat maupun pengguna komponen tersebut.

vga card

Pada penggunaan komputer sehari-hari, grafis yang diolah oleh VGA card akan ditampilkan pada perangkat output berupa monitor. Sedangkan untuk keperluan lain seperti presentasi dan multimedia kerap disambungkan pada proyektor atau bisa juga menggunakan layar TV sebagai alternatifnya.

Dari letak dan ketersediaan VGA card dalam sebuah komputer bisa dibagi menjadi 2 jenis:

Expansion VGA card

Jenis yang satu inilah yang sebenarnya paling tepat disebut sebagai VGA card. Karena dalam komponen ini terdapat prosesor sendiri yang berfungsi untuk memproses grafis. Prosesor grafis tersebut disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) pada perangkat buatan NVIDIA, dan VPU (Visual Processing Unit) pada VGA card buatan ATi.

Selain itu Expansion VGA card juga mempunyai RAM sendiri yang terpisah dari RAM utama pada sebuah komputer. Jenis VGA card ini berupa sebuah komponen tambahan yang dipasangkan pada slot yang tersedia pada motherboard baik pada PCI maupun PCI Express.

Integrated VGA card

VGA card jenis ini langsung menempel dengan motherboard atau biasa disebut dengan integrated graphic controller. Artinya dalam rangkaian komponen pada motherboard sudah termasuk komponen VGA card ini. Kemampuan dalam mengolah grafis yang dimiliki oleh Integrated VGA card ini biasanya tergolong rendah. Karena tidak mempunyai prosesor sendiri sehingga akan memakai resource dari prosesor utama dalam sebuah komputer.

Integrated VGA card juga tidak mempunyai RAM sendiri sehingga kebanyakan menggunakan sistem shared memory, yaitu menggunakan sebagian memory utama yang digunakan pada komputer. Pembagian jumlah kapasitas memory atau RAM yang dialokasikan pada sebuah integrated graphic controller biasanya diatur melalui BIOS.

Secara umum kemampuan Expansion VGA card memang jauh lebih baik daripada Integrated VGA card dalam kelas yang sama. Namun tentu saja harganya juga lebih mahal. Jika Anda membutuhkan performa grafis yang cukup baik, misalnya untuk memainkan game-game terbaru, maka akan lebih baik menggunakan Expansion VGA card.