Tips merawat printer agar tetap awet dan bagus

Tips merawat printer haruslah diketahui oleh pemiliknya agar tetap awet. Karena printer adalah salah satu sarana pendukung yang penting untuk kita terutama untuk para pelajar dan juga pekerja, dapat dibilang tanpa printer maka segala pekerjaan mereka tidak akan berhasil. Banyak produsen menawarkan berbagai macam printer dengan harga dan juga keunggulan masing-masing seperti Epson Hewlett, HP, Lexmark, Canon dan masih banyak lagi. Selain merek ada juga beberapa tipe printer yang harus anda ketahui yaitu printer inkjet yaitu printer yang menggunakan tabung isi tinta di luar printer, priner laser jet dan printer dot matik. Tetapi seberapa canggihnya dan mahalnya sebuah printer apabila anda tidak merawat printer dengan baik maka yang terjadi adalah printer tidak dapat berfungsi dengan sempurna dan bahkan akan mengalami kerusakan.

tips merawat printer agar tetap awet

Tips merawat printer usang

Untuk itu ada beberapa tips merawat printer agar tetap awet dan bagus meskipun printer yang kita miliki sudah lama.

  • Usahakan printer digunakan setiap hari
    Penggunaan printer secara rutin dan berkala adalah hal yang sangat penting karena jika printer jarang terpakai akan mengakibatkan tidak lancarnya aliran tinta sehingga hasil yang dihasilkan kurang memuaskan, apalagi jika jenis printer yang anda miliki adalah inkjet bisa-bisa tinta di head cartridge kering, dan akan menghambat proses pengeprinan. Minimal pemakaina printer adalah 2-3 kali seminggu dan digunakan untuk mencetak 1-2 lembar dokumen secara periodik.
  • Bersihkan printer secara rutin
    Seminggu sekali usahakan cek kebersihan pada printer anda jangan sampai kotoran ataupun debu menghambat kerja printer.
  • Memberi sedikit pelumas
    Pelumas juga dapat dijadikan cara untuk merawat printer, dengan sesekali memberi pelumas pada bagian catridge akan memperlancar pergerakan dari catridge sehingga printer akan tetap awet.
  • Pastikan kertas yang akan digunakan sesuai dengan kemampuan printer
    Kertas yang digunakan haruslah tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis agar printer tetap awet.
  • Berhati-hati sangat mengganti tinta printer
    Hati-hati dalam mengganti tinta printer juga sangat peting. Di daam catridge terdapat titik titik konduktor yang berhubungan dengan listrik. Buka cover agian atas dibuka catridge akan bergerak kemudian berhenti pada saat berhenti inilah kita dapat mengganti catridge dengan yang baru dan jika akan menutup cover pastikan posisi sudah terpasang dengan sempurna.

Demikianlah beberapa tips merawat printer yang dapat anda gunakan untuk menjaga keawetan dari printer anda.