Tips merawat laptop agar tahan lama dan tidak mudah rusak

Tips merawat laptop atau notebook adalah hal wajib yang harus diketahui oleh pengguna notebook atau laptop. Tetapi walaupun demikian banyak pengguna laptop atau notebook mengabaikan perawatannya, mereka hanya menggunakannya sesuka hati mereka tanpa menghiraukan perawatannya. Padahal di dalam sebuah laptop terdapat banyak sekali komponen-komponen penyusun dari laptop tersebut dan komponen-komponen tersebut perlu dijaga agar fungsinya tetap maksimal dan tidak gampang mengalami kerusakan.

tips merawat laptop

Selain itu perawatan dari laptop dapat membantu anda untuk berhemat, bayangkan saja jika anda harus mengeluarkan banyak uang dikarenakan laptop yang anda miliki rusak, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya atau bahkan untuk membelinya lagi. Jika ada istilah yang menyebutkan mencegah lebih baik dari pada mengobati tetapi jika untuk urusan laptop merawat lebih baik dari pada memperbaiki atau membeli.

Beberapa Tips Merawat Laptop

Untuk itu ada beberapa tips merawat laptop agar tahan lama dan tidak cepat rusak. Tips tips tersebut adalah :

  • Jangan meletakan beban berat diatas laptop karena hal ini dapat meyebabkan LCD dari laptop tersebut tergores atau rusak.
  • Jangan letakan laptop dalam kondisi atau di dalam suhu yang ekstrim baik terlalu panas maupun terlalu dingin, hal ini dapat menyebabkan laptop mengalami kerusakan. Untuk itu disarankan menggunkan cooling pad saat menggunakan leptop.
  • Mengurangi cahaya LCD laptop, dengan pemakaian lampu yang tidak terlalu terang maka akan sangat menghemat baterai sehingga baterai pun akan lebih awet.
  • Menggunakan stabilizer atau ups, disarankan menggunakan stabilizer pada saat anda bekerja dengan laptop atau netbook yang langsung berhubungan dengan sumber listrik, stabilizer dapat mencegah adanya tegangan listrik yang berlebih ke laptop anda.
  • Nyalakan dan matikan laptop dengan cara yang benar, menyalakan dan juga mematikan laptop harus sangat diperhatikan, pastikan pada saat menutup laptop hardisk benar benar sudah dalam keadaan mati, agar hardisk tidak cepat rusak.
  • Pasang screen protektor pada layar monitor laptop, sceen protektor ini dapat melindugi layar dari gesekan.

Demikianlah beberapa tips merawat laptop atau notebook agar tetap awet dan juga tidak mudah rusak.