Tips Menjadi Pengusaha Sembako Yang Sukses

Sembako atau sembilan bahan pokok adalah produk produk yang dibutuhkan oleh hampir seluruh manusia di penjuru dunia. Yang namanya beras, minyak goreng, gula, dan jenis lainnya merupakan bahan yang biasa terdengar di telinga kita, karena hampir tiap hari kita menggunakan atau mengkonsumsinya. Kebutuhan yang selalu tinggi bisa menjadikan sembako ini sebagai peluang usaha yang bisa menjamin keadaan ekonomi kita tercukupi. Namun, jangan dulu bangga hati hanya karena bisa menemukan peluang usaha ini, karena menjadi pengusaha sembako memerlukan sebuah kerja keras juga kerja pintar, agar bisa bersaing dalam bisnis ini dan Anda bisa menjadi pengusaha sembako yang sukses.

Agar usaha sembako yang akan dijalani atau sedang dijalani bertambah besar keuntungannya, maka pengusaha sembako perlu melakukan hal hal berikut ini :

Siapkan modal yang cukup

Membuka usaha sembako tidak bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Kalaupun bisa, maka usahanya akan berjalan ditempat atau stagnan, karena tidak ada supply lain yang bisa kita sediakan. Keuntungan dari berjualan sembako tidaklah besar, pedagang hanya mengambil sedikit saja, tetapi melihat banyaknya konsumen, membuat keuntungan kecil tersebut menjadi besar. Selain itu, jika kita memiliki modal yang cukup, maka bisa berbelanja dalam jumlah yang besar (partai), sehingga harga beli yang kita dapatkan lebih murah daripada berbelanja dalam kuantiti sedikit.

Persoalan tempat

Tidak perlu sengaja mencari dan menyewa tempat hanya untuk membuka usaha di pusat keramaian. Yang lebih penting dalam usaha sembako adalah jalinan silaturahmi dan komunikasi. Walaupun di kampung menggunakan rumah sendiri, asalkan dalam jarak yang lumayan jauh tidak ada warung sembako, dan dengan tetangga bisa menjalin silaturahmi yang baik, maka bisa dipastikan warung sembako Anda akan ramai pembeli. Dengan tidak menyewa ruko atau kios khusus, setidaknya Anda sudah meminimalisir pengeluaran.

Pelayanan yang berbeda

Usaha sembako memiliki tingkat persaingan sangat tinggi. Karena itu, perlu sesuatu yang berbeda yang bisa kita tawarkan. Sesuatu yang berbeda itu bisa dengan menyediakan layanan yang lain daripada yang lain. Misalnya dengan memberikan harga lebih murah sedikit atau jasa kirim pesanan.

Jika memungkinkan, Anda pun bisa memberikan kupon khusus, setiap pembelian tertentu maka akan mendapatkan produk gratis. Cara seperti ini sangat efektif untuk menjaring konsumen, karena walaupun produk gratis yang diberikan tidak begitu bernilai, tetapi saat mendengar kata gratis atau hadiah khusus, konsumen selalu merasa ingin untuk mendapatkannya.

Teknis lainnya

Secara umum, tiga cara di atas sudah bisa membuat Anda menjadi pengusaha sembako yang cukup ternama di daerah Anda. Namun untuk mendukung usaha Anda, maka ada teknis lain yang harus kita upayakan, yaitu berdo’a. Dengan memohon perlindungan dan dukungan kepada Tuhan YME, maka setiap tindakan, ucapan dan usaha yang kita lakukan akan berada dalam lindungan-Nya, sehingga usaha sembako yang Anda jalankan akan semakin maju dan berkembang.

Demikianlah beberapa tips menjadi pengusaha sembako yang sukses. Jadi inti dari usaha ini agar sukses adalah modal yang cukup (tidak terlalu sedikit), memiliki jalinan silaturahmi dengan tetangga yang baik, berikan nilai lebih dalam layanan yang diberikan, serta tidak lupa untuk melengkapi usaha duniawi kita dengan upaya ukhrawi. Jika itu semua dilakukan, maka Anda bisa dipastikan akan menjadi pengusaha sembako yang sukses. Selamat mencoba