Tips mengatasi komputer Reboot sendiri

Apakah anda pernah mengalami komputer Reboot sendiri? Apakah anda pernah mengalami komputer anda mati disaat sedang melakukan editing photo / video / grafik lainnya dan belum disave? Jika pernah pastinya anda kesal bukan? Biasanya komputer yang sering reboot sendiri adalah komputer yang dipakai buat program-program yang berat termasuk game. Jangan kesal jika komputer anda reboot sendiri karena ada beberapa point cek yang bisa anda lakukan untuk mengetahui penyebab komputer anda reboot sendiri.

tips mengatasi komputer reboot sendiri

Ada beberapa kemungkinan mengapa PC bisa reboot sendiri

  • Daya PSU kurang buat maen game berat atau program yang menggunakan daya VGA maksimal.Cek PSU, apakah dayanya sesuai dengan kebutuhan Komputer!
  • Virus!! Kita gak tahu kapan virus itu masuk. Darimana virus masuk. Tidak mungkin sebuah PC dipakai cuma main game saja tanpa ada cabut-colok USB flash drive atau searching via internet. Kadang Virus juga bisa masuk lewat CD installer atau CD lain yang memang sudah terkontaminasi virus. Jadi bisa jadi viruslah yang menyebabkan crash di registry Windows.
  • Bisa jadi saat repair registry itulah yang menyebabkan komputer crash atau hang… Kadang mungkin saat main game tiba-tiba hang dan ketika direpair registry akhirnya malah tambah parah. itulah kelemahan windows.
  • Bisa juga sebagian dari file game tersebut memang error atau rusak. Apakah kita menginstalnya lewat CD installer original? kalau tidak maka ada kemungkinan ada beberapa file rusak di dalam game tersebut yang kita tidak ketahui. Misalnya ada file error saat kita mencapai level tertentu di dalam game,itulah yang mengakibatkan registry rusak dan komputer hang.
  • Harddisk error. Banyak permasalahan bersumber dari HD karena rumahnya OS dan program inilah yang kalau sakit bisa menjalar ke mana-mana.
  • Cek juga adakah Memory dump atau VGA yang juga error.

Jika anda sudah cek semua point diatas dan sudah menindak lanjuti permasalahannya, tapi ternyata komputer anda masih sering reboot sendiri, terpaksa anda harus bawa ke tukang service komputer atau jika ingin hemat bawa saja ke teman yang jago komputer.