Tablet Windows RT Samsung Rilis Oktober

Tablet Windows RT adalah sebuah lini perangkat baru yang diprediksi akan segera dirilis oleh Samsung. Vendor teknologi asal Korea tersebut saat ini memang telah menjadi perusahaan raksasa terutama karena penjualan perangkat Android yang diproduksinya sukses meraih pangsa pasar yang besar. Namun sukses di dalam dunia sistem operasi robot hijau saja nampaknya belum cukup, sehingga muncul kabar bahwa dalam waktu dekat sebuah tablet Windows RT akan diluncurkan oleh Samsung.

tablet windows rt samsung

Vendor yang akan merilis tablet Windows RT

Sebagaimana dilansir oleh situs teknologi Bloomberg, vendor besar lainnya seperti Toshiba, Dell, Acer, Asus dan juga Lenovo telah menyampaikan minatnya untuk membuat tablet Windows RT yang berbasis chipset ARM. Kini Samsung juga mempunyai rencana yang sama dengan beberapa vendor tersebut.

Prosesor pada tablet Windows RT Samsung

Dalam laporan lainnya dikabarkan bahwa Samsung akan bekerjasama dengan pabrikan prosesor Qualcomm untuk menyediakan chipset Snapdragon yang nantinya akan digunakan pada tablet Windows RT buatannya. Hal ini dilakukan oleh Samsung dalam rangka menciptakan diferensiasi produk agar tidak serupa dengan tablet Surface dari Microsoft yang tersedia dalam du versi dengan pilihan prosesor yang berbeda. Dua jenis prosesor yang dipakai pada tablet Surface adalah Intel Ivy Bridge untuk perangkat yang memakai Windows 8, dan chipset ARM untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows RT.

Masih menjadi pertanyaan mengapa Samsung tidak memakai prosesor yang dikembangkannya sendiri yaitu Exynos yang merupakan chip prosesor berbasis ARM. Sedangkan sebelumnya Qualcomm juga telah memperkenalkan sebuah prosesor Snapdragon pada ajang Computex di Taiwan yang telah digelar beberapa bulan yang lalu. Dalam keterangannya saat itu, Qualcomm mengiyakan bahwa prosesor tersebut sudah mulai diproduksi dan memang benar akan digunakan secara khusus untuk tablet Windows RT.

Terkait dengan konfirmasi dari Qualcomm tersebut, Samsung dikabarkan tertarik untuk bekerjasama dengan produsen prosesor tersebut. Samsung tertarik untuk menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm pada tablet Windows RT yang akan diproduksinya. Jika memang kabar tersebut terbukti benar, maka nantinya tablet Windows RT besutan Samsung akan berhadapan langsung dengan tablet Surface milik Microsoft. Sedangkan sistem operasti Windows RT sendiri baru akan dirilis secara resmi pada bulan Oktober 2012. Diprediksikan bahwa tablet Windows RT dari Samsung juga akan dirilis dalam waktu yang hampir sama.