Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer sudah mendunia sejak lama. Namun tentunya sebelum seperti sekarang, komputer melalui banyak sekali perkembangan. Oleh karena itu berikut akan dijelaskan mengenai sejarah perkembangan komputer dari jaman ke jaman. Generasi pertama dari komputer adalah saat dimana ditemukannya tabung hampa udara yang bisa digunakan sebagai alat untuk menguatkan sinyal. Setelah itu generasi ini diganti dengan generasi transistor yang pada akhinya muncul generasi ketiga yaituy dengan kemunculan IC Chip.

sejarah perkembangan komputer

Berikut adalah sejarah perkembangan komputer diurutkan mulai dari generasi pertama.

  1. Generasi pertama adalah generasi dimana munculnya tabung hampa udara yang digunakan untuk penguat sinyal. Awalnya, tabung ini digunakan untuk penguat sinyal. Bahan yang dipakai untuk pembuatan tabung hampa udara ini adalah kaca sehingga mempunyai banyak kelemahan yaitu, mudah menyalurkan panas dan juga mudah pecah. Tentunya hal ini membutuhkan sesuatu untuk menteralisis sehingga diciptakan komponen tambahan sebagai pendingan yang pada akhirnya menjadi komputer dengan ukuran besar dan juga mahal. Akhirnya komputer pertama selesai dibuat pada tahun 1946 yaitu ENIAC. Pada komputer ini memiliki 18.800 tabung hampa udara yang memilikio berat 30 ton dengan ukuran yang sangat besar dan berat.
  2. Untuk generasi kedua dari sejarah perkembangan komputer, transistor menjadi ciri utama pada generasi ini. bahan yang dipergunakan ada tiga lapis yaitu basi, collector, dan juga emmiter. Transistor adalah transfer resistor yang dapat mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan yang ada, maka resistor yang terdapat pada lapisan berikutnya bisa terpengaruh, atau untuk jelasnya fungsi dari transistor ini adalh untuk memperkuat sinyal. Pada tahun 1960 akhirnya komputer yang menggunakan transistor sudah mulai dipasarkan.
  3. Generasi ketiga adalah dimana konsep yang dimiliki semakin kecil yang membuat banyak orang semakin rajin untuk melakukan penelitian. Berbagai macam transistor pada akhirnya bisa digabungkan dalam satu bentuk yang sangat kecil yang disebut segabai Integrated Circuit atau IC Chip.
  4. Sejarah perkembangan komputer pun sampai pada generasi ke empat yang ditandari dengan munculnya Large Scale Integration yang memadatkan ribuan IC ke dalam satu chip sehingga memiliki ukuran yang sangat kecil dan efisien.