Perangkat Keras Monitor Komputer

Perangkat keras Monitor komputer adalah termasuk dalam kategori output atau pengeluaran. Monitor adalah media tampilan gambar hasil output dari VGA Cards atau Kartu Grafis. Dahulu monitor komputer dimulai dengan monitor dengan tabung hitam-putih, monitor warna CGA, VGA, dan SVGA. Monitor merupakan perangkat atau peripheral yang juga termasuk dalam softcopy.

perangkat keras monito komputer

Monitor komputer mempunyai Ukuran yang sama seperti ukuran telivisi. Ukuran untuk monitor televisi didasarkan pada panjang diagonal pada area yang dapat kita lihat. Begitu juga dengan ukuran layar monitor komputer yang dihitung berdasarkan panjang diagonal layarnya. Untuk ukuran monitor desktop yang banyak dikenal antara lain ukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Tetapi berbeda dengan ukuran monitor atau layar pada laptop. Pada Monitor atau layar Laptop kebanyakan ukurannya adalah desimal seperti 12.1”, 13.3”, dan 14.1”.

Resolusi monitor Komputer

Resolusi monitor komputer adalah ukuran resolosi yang di tentukan oleh jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik paling kecil sebagai penghasil tampilan layer. Sebagai contoh resolosi 1.024 x 768, ini berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, atau dengan kata lain jumlah piksel yang tersusun di monitor adalah sebesar 1.024 x 768 buah. Dapat disimpulkan bahwa semakin besar resolosi pada monitor, maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan pada monitor.

Jenis Monitor Komputer berdasarkan bentuknya

  • Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
    Monitor CRT atau lebih familiar disebut sebagai Monitor tabung, dikatakan monitor tabung karena pada Monitor CTR ini masih memiliki layer yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti tabung telivisi. Kondisi ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relative besar bila dibandingkan dengan monitor LCD dimana LCD monitor mempunyai banyak kelebihan, seperti : tipis, hemat biaya dan tingkat radiasi yang rendah.
  • Monitor Layar Datar (Flat Panel Display)
    Dilihat dari jenisnya, Layar datar dapat dibedakan diantaranya seperti : LCD, ELdan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi dan ditambah cairan krystal diantara kepingan itu. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui cairan kristal tersebut akan membuat kristal di dalamnya dan akan menghalangi cahaya yang lewat. Oleh sebab ini tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap dengan latar belakang atau background abu-abu muda. Jenis LCD berwarna menggunkan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix.