Perangkat Keras komputer RAM dan Istilahnya

Berbicara mengenai istilah-Istilah dalam komputer khususnya tentang Perangkat keras atau hardware komputer, tak heran banyak yang belum mengetahuinya. Karena istilah-istilah tersebut termasuk dalam kategory “Teori” dimana mayoritas orang tidak terlalu memperhatikan Teori. Berikut beberapa istilah-istilah tentang Perangkat keras RAM.
ram komputer

Perangkat Keras Komputer RAM yang sering digunakan

  • Acces Timming, Timing
    Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanosecconds (ns) yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan suatu memory. Acces Time ini ditentukan saat dimulai pertama kali CPU mengirimkan permintaan data ke memory hingga pada waktu CPU menerima data yang diminta tersebut.
  • Bandwidth
    Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data didalam jaringat elektronik seperti Bus atau channel. Lebih singkatnya yaitu jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan didalam satuan waktu tertentu. Bandwidth ini biasanya diexpresikan dalam satuan bit,byte,atau hertz.
  • BUFFERED
    Buffered ini maksudnya menambahkan komponen logika tambahan ke dalam seuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi. Modul memory yang termasuk jenis “buffered” biasanya memiliki chip-chip buffer kecil.
  • CAS
    (Column Address Select/strobe) adalah sebuah pin Pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM, yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM Ditentukan data yang berada pada pin-pin alamat ketika CAS menjadi aktif.
  • EPP
    “Enhached Performance Profiles” adalah teknologi profiles memory PC yang dikemangkan oleh nVIDIA),┬áTeknologi ini utamanya didesign agar membuat proses overclocking menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa istilah perangkat keras komputer RAM yang sering dipergunakan dalam dunia IT.