Perangkat keras komputer hardware

Hardware Komputer dalam bahasa Indonesia sering disebut Piranti keras atau Perangkat keras komputer. Beragam jenis perangkat keras komputer yang sekarang sudah sangat mudah kita dapatkan. Toko perangkat keras komputer sudah banyak dan menjamur di Indonesia layaknya toko klontong. Dalam artikel kali ini akan kita bawakan mengenai jenis-jenis perangkat keras komputer yang selayaknya diketahui oleh kita semua apalagi kalau kita adalah seorang Teknisi komputer.
perangkat keras komputer

Macam-macam Perangkat keras Komputer

Secara garis besar system Komputer terbagi menjadi 4 kategori Perangkat keras yaitu :

  1. Input devices,
  2. central processing Unit(CPU),
  3. Backing storage (storage devices) dan
  4. Output devices.

Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luarcasing komputer. Sedangkan CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama komputer.

Mari kita kenal sedikit mengenai arti dari ke-empat kategori diatas

  1. Input Device (Perangkat Keras Masukan)
    Input Device ini berfungsi sebagai media masukan data dari luar system ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk input device diantaranya :

    • Keyboard
      Keyboard berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan pada computer
    • Light Pen
      Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi untuk memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi Light Pen ini lebih teliti dari pada Teknologi Touch Screenatau layar sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layar.
    • Layar Sentuh (Touch Screen)
      Layar Sentuh atau Touch Screen merupakan layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor. Layar sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolosi yang tinggi, sehingga kita dapat memilih sebuah lokasi yang kecil.
    • Mouse
      Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk mouse (pointer atau kursor)

Itulah diatas macam-macam Hardware atau perangkat keras komputer, setidaknya ada 4 Perangkat keras komputer yang mendasar yang sebaiknya kita ketahui.