Penyebab Meningitis Atau Radang Selaput Otak

Penyebab meningitis harus kita waspadai. Meningitis atau disebut juga radang selaput otak adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat meradangnya membran pelindung atau selaput yang menutupi otak yang dikenal juga dengan meningen. Meningitis juga termasuk penyakit yang menular yang cukup berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan pada sistem saraf hingga dapat menimbulkan kematian. Meningitis disebabkan karena  infeksi dari mikroorganisme seperti virus, bakteri maupun jamur pada selaput otak.  Untuk lebih jelasnya mari kita simak penyebab dari meningitis.

  1. Meningitis yang disebabkan oleh virus
    Sebagian besar kasus meningitis yang ditemukan penyebabnya adalah infeksi dari virus. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan meningitis beberapa diantaranya adalah virus polio, HIV, herpes, virus cacar air, virus hepatitis dan virus herpes. Pada umumnya meningitis yang disebabkan oleh virus ini tidak terlalu berbahaya. Dengan perawatan serta penanganan yang intensif maka penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.
  2. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri
    Meskipun kasus yang ditemukan lebih sedikit, tetapi bakteri justru menjadi penyebab meningitis yang paling berbahaya diantara penyebab lainnya, karena dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berbahaya untuk otak. Kerusakan yang dapat terjadi diantaranya adalah hilangnya kemampuan untuk mendengar, menurunnya konsentrasi bahkan dapat berujung pada kematian. Jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis adalah pneumococcus, haemophilus influenzae atau bakteri penyebab ISPA, neisseria meningitis, staphylococcus aureus, mycrobacterium tubercolosis atau penyebab TBC dan Pseudomonas sp.
  3. Meningitis yang disebabkan oleh jamur
    Memang kasus meningitis yang disebabkan oleh jamur jarang ditemukan, tetapi memang faktanya ada. Biasanya meningitis jenis ini diderita oleh seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Karena juga merupakan salah satu penyakit yang menular, meningitis juga dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Meningitis dapat ditularkan melalui kontak dekat yang berkepanjangan,seperti melalui cairan ludah, droplet yang dikeluarkan saat batuk atau bersin, atau menggunakan barang berbarengan dengan orang yang mederita meningitis. Oleh karena itu, untuk menghindari anda juga ikut terkena meningitis maka untuk sementara waktu sebaiknya anda menghindari atau menggunakan alat pelindung diri ketika sedang kontak dengan penderita meningitis untuk sementara waktu agar mikroorganisme penyebab meningitis tidak masuk ke dalam tubuh kita. mengingat bahaya meningitis yang dapat menyebabkan kematian.