Penyebab Dan Gejala Penyakit Usus Buntu

Meskipun penyakit usus buntu bukan tergolong penyakit yang mematikan, tetapi penyebab dan gejalanya tetap harus anda ketahui. Tetapi sebenarnya apa itu penyakit usus buntu ? sebenarnya usus buntu atau dalam bahasa latin disebut juga appendix vermiforis bukanlah nama sebuah penyakit tetapi nama sebuah organ yang berada atau menempel pada sekum atau bagian pertama dari usus besar yang terletak di sisi kanan bawah perut. Disebut usus buntu karena organ ini memiliki bentuk seperti usus tetapi berujung buntu. Memang belum ada yang menyebutkan secara jelas apa fungsi dari usus buntu tetapi diduga organ ini berfungsi sebagai salah satu sistem kekebalan tubuh karena di dalamnya berisi kelenjar limfoid.

Sebagaimana organ lainnya, usus buntu atau appendix juga dapat sakit atau terinfeksi yang terjadi apabila usus buntu mengalami peradangan yang disebut juga dengan istilah Appendicitis. Penyebab Appendicitis atau radang usus buntu adalah infeksi bakteri patogen namun faktor penyebab infeksi  ini belum dapat diketahui secara jelas dan pasti namun, ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi yaitu adanya penyumbatan pada saluran usus buntu oleh timbunan tinja yang keras. Penyumbatan ini mengakibatkan bakteri patogen dapat tumbuh dengan pesat dan menyebabkan peradangan.

Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa biji cabai, tomat atau biji jambu biji adalah penyebab dari appendicitis atau radang usus buntu. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar mengapa demikian, biji cabai, tomat atau jambu biji adalah jenis makanan yang sukar dicerna oleh usus sehingga biji tersebut masih dalam bentuk aslinya dan jika mauk ke dalam usus buntu akan direspon sebagai benda asing yang dapat menyebabkan peradangan. Tetapi selama tinja tersebut tidak masuk ke dalam usus buntu maka tidak akan menjadi masalah. Setelah kita mengetahui apa penyebab dari radang usus buntu, sebaiknya kita mengetahui apa gejala dari radang usus buntu atau appendicitis. Gejala umum yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami appendicitis atau radang usus buntu adalah

  1. Rasa sakit yang hebat pada sisi kanan bawah perut.
  2. Nyeri yang dirasakan apabila bergerak atau kegiatan mengguncangkan tubuh lainnya.
  3. Terjadinya susah buang air besar atau sembelit
  4. Susah buang gas
  5. Demam, muntah dan kehilangan nafsu makan.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang penyebab dan juga gejala dari penyakit radang usus buntu atau appendicitis. meskipun fungsi dari usus buntu belum diketahui secara pasti namun kesehatannya harus tetap terjaga karena Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya.